Empat Hal yang Sering Menjadi Masalah bagi Orang Tua Baru

Raka Lestari    •    Selasa, 10 Apr 2018 14:58 WIB
keluargapsikologi
Empat Hal yang Sering Menjadi Masalah bagi Orang Tua Baru
Berikut ini adalah daftar hal-hal yang memicu pertengkaran para orang tua baru dilansir dari Huffingtonpost.com. (Foto: Dakota Corbin/Unsplash.com)

Jakarta: Memiliki bayi yang baru lahir, bisa sangat menyenangkan namun bisa juga sangat melelahkan. Terkadang karena sudah terlalu lelah mengurus si kecil, Anda dan pasangan menjadi sering bertengkar untuk hal-hal yang kecil. 

Berikut ini adalah daftar hal-hal yang memicu pertengkaran para orang tua baru dilansir dari Huffingtonpost.com. 

1. Tidur
Memiliki bayi yang baru lahir tentunya waktu tidur pun akan berkurang. Tetapi kemungkinan Anda juga akan merebutkan, siapa yang lebih banyak mendapatkan waktu tidur yang lebih banyak. Jadi, cara yang terbaik adalah dengan berterus terang ketika Anda atau pasangan merasa sangat lelah dan bisa beristirahat secara bergantian. 

2. Membersihkan rumah
Memiliki bayi baru lahir membuat Anda sulit mandi, apalagi membersihkan rumah Anda dan tentu saja itu bisa membuat Anda bertengkar.

Cobalah untuk menyetujui sistem yang dapat Anda berdua jalankan, misalnya dengan membagi tugas membersihkan rumah. Atau bisa juga mendapatkan bantuan dari ibu atau ibu mertua Anda untuk ikut membersihkan rumah. 


(Foto: Brittany Simuangco/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Setelah Menjadi Orang Tua, Durasi Bersama Pasangan Berkurang Drastis)

3. Seks
Jika Anda sedang tidak mood untuk melakukan hubungan seksual, tidak apa-apa meskipun seks setelah melahirkan adalah sesuatu yang diperbolehkan. Namun usahakan agar ketika menolaknya, pasangan Anda tidak merasa ditolak yang dapat merusak hubungan Anda. Bicarakan saja secara baik-baik dan penuh perhatian.

4. Tamu 
Kedatangan ibu mertua, mungkin pada awalnya bisa memberikan bantuan. Namun lama-kelamaan akan menjadi bencana jika mereka selalu mengkritik apa yang Anda lakukan. Dan hal tersebut tentu saja bisa memicu terjadinya pertengkaran pada pasangan. 

Terkadang bayi yang baru lahir juga sensitif terhadap orang baru yang masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, atur dengan baik siapa saja tamu yang bisa datang ke rumah Anda dan tentunya tidak akan memicu pertengkaran bagi Anda dan pasangan. 







(TIN)