Pentingnya Peran Ayah dalam Mengurus Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 11 Nov 2016 19:21 WIB
psikologi
Pentingnya Peran Ayah dalam Mengurus Anak
Cara anak mengingat ayah tergantung pada cara ayah memperlakukan anak. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari Ayah yang jatuh setiap tanggal 12 November diharapkan dapat membuat pria sadar bahwa peran mereka dalam keluarga juga sama dengan wanita dalam hal mengurus anak.

"Adanya Hari Ayah bukan karena ingin diistimewakan atau kasihan, namun menyadarkan bahwa tanggung jawab pria juga ada saat mengurus anak," ujar Nus Hasyim dari komunitas Aliansi Laki-laki Baru dalam bincang-bincang bertajuk Ayah Hebat, Keluarga Sehat pada Jumat (11/11/2016).

Ia menjelaskan bahwa setiap pria pastinya memiliki hubungan dengan anak-nak, entah anak kandung, keponakan, murid, atau cucu; dan 80 persen pria di dunia akan menjadi ayah kelak.

Sayangnya, norma yang ada masih menganggap bahwa mengurus anak adalah pekerjaan wanita. Padahal, peran ayah cukup besar untuk perkembangan anak dalam beberapa hal, terutama kesetaraan, baik untuk anak laki-laki maupun perempuan.

(Baca juga: Pentingnya Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak)

"Orangtua yang bekerja sama dalam membesarkan anak akan membuat anak laki-laki memiliki pikiran terbuka dalam hal kesetaraan sehingga mereka tak akan segan untuk membantu ibu atau ikut mengasuh adik," terangnya.

Sementara, akan tumbuh jiwa mandiri pada anak perempuan yang melihat keseimbangan pengasuhan oleh ayah dan ibu mereka dimana tak ada yang terlalu mendominasi.

"Hal tersebut akan menginspirasi mereka untuk lebih mandiri dan berkembang karna tak ada norma-norma atau nilai-nilai yang akan membatasi potensi maksimal untuk berkembang," tambahnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Boim tersebut juga mengungkapkan bahwa pria yang terlibat dalam mengurus anak-anak cenderung sehat secara fisik dan mental, serta anak laki-laki yang sering diurus oleh ayahnya cenderung minim terlibat kenakalan anak.

"Satu hal, cara anak mengingat ayah tergantung pada cara ayah memperlakukan anak," tutupnya. 







(TIN)