IQ Anda Superior Jika Bisa Menjawab Tes Ini dengan Benar

Raka Lestari    •    Kamis, 12 Oct 2017 10:43 WIB
tes otak
IQ Anda Superior Jika Bisa Menjawab Tes Ini dengan Benar
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk bisa masuk ke Mensa (organisasi untuk orang-orang dengan IQ tinggi), tentunya cukup sulit dan mengharuskan untuk menjawab puluhan pertanyaan. Namun, ternyata ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui apakah Anda memiliki IQ superior.

Tes Cognitive Reflection, adalah penilaian IQ terpendek di dunia dan hanya berisi tiga pertanyaan yang konon relatif sederhana.

Diterbitkan pada 2005 di Journal of Economic Perspectives, tes tersebut mulai muncul kembali secara online setelah sekretaris negara AS, Rex Tillerson memberikan tantangan kepada Donald Trump untuk membandingkan tes IQ mereka setelah sebelumnya Rex Tillerseon menyebut sang  presiden  sebagai 'orang bodoh'.

Tes yang simpel tersebut akan menjadi pilihan ideal bagi Rex maupun Trump.

Namun, tes ini sebenarnya jauh lebih rumit daripada yang terlihat dan untuk membuktikan bahwa Anda memiliki intelektualitas yang tinggi.

Berikut pertanyaan dari Test Cognitive Reflection

1. Kelelawar dan bola dihargai 1,10 poundsterling. Harga kelelawar 1,00 poundsterling lebih tinggi daripada bola. Berapa harga bola?

2. Dibutuhkan lima mesin dan lima menit untuk membuat lima widget, berapa waktu yang dibutuhkan 100 mesin untuk membuat 100 widget?

3. Di sebuah danau, ada sebuah tempat untuk bunga lily. Setiap hari, tempat tersebut berlipat ganda. Jika dibutuhkan 48 hari untuk tempat tersebut untuk menutupi seluruh danau, berapa lama waktu yang dibutuhkan tempat tersebut untuk menutupi setengah danau?

Dan, kebanyakan orang menjawab:

1. 10 pence
2. 100 menit
3. 24 hari

Namun jawaban yang tepat adalah:
1. 5 pence
2. 5 menit
3. 47 hari


(DEV)