Tips Menjadi Orangtua yang Lebih Sabar di 2018

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 02 Jan 2018 15:35 WIB
keluarga
Tips Menjadi Orangtua yang Lebih Sabar di 2018
Di tahun yang baru ini ada baiknya Anda meningkatkan kualitas hidup dengan menambahkan rasa sabar. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Sabar merupakan salah satu yang bisa Anda lakukan, namun tak jarang rasa sabar ini kurang bisa diredam atau dikendalikan. Terdengar mudah namun perlu dilakukan agar Anda tak mudah stres.

Hal ini penting karena tak jarang orang yang baru saja mengalami hari yang buruk cenderung berlaku buruk pada orang yang tak salah atau yang tak ada hubungannya dengan masalah tersebut. Bisa jadi, anak-anak Anda juga terkena dampaknya ketika Anda dan pasangan sedang dalam kondisi yang tidak solid atau tak sepaham.

Di tahun yang baru ini ada baiknya Anda meningkatkan kualitas hidup dengan menambahkan rasa sabar. Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi orangtua yang sabar, diantaranya:

(Baca juga: Pentingnya Peran Ibu dalam Keluarga)


(Di tahun yang baru ini ada baiknya Anda meningkatkan kualitas hidup dengan menambahkan rasa sabar. Foto: Pixabay.com)

1. Melihat dari sudut pandang anak
Mungkin Anda tidak sependapat dengan anak Anda yang berusia tujuh tahun dalam menyikapi suatu masalah. Namun Anda akan menjadi lebih mengerti tentang pola pikir anak Anda. Misalnya, biarkan dia menghabiskan lima menit sebelum berangkat ke sekolah untuk bercengkrama dengan kelincinya. 

2. Mendengarkan lebih baik
Ketika Anda stres, mudah untuk langsung menumpahkannya. Tetapi tenangkan diri Anda sedikit dan dengarkan apa yang si kecil inginkan dan sampaikan. Upaya ini akan membuahkan hasil yang sepadan. Tak lupa juga untuk hindari beradu argumen di saat pertama kali Anda mendengarkan.

3. Khawatir dengan banyak hal sekaligus
Anda belum membersihkan kamar mandi, kamar anak, belum sempat membuat sarapan anak-anak dan suami, dan segudang aktivitas lainnya? Sebaiknya Anda tak perlu dulu mengkahwatirkan hal tersebut karena akan lebih baik jika Anda mencatat dari semua kegiatan mana yang sekiranya bisa Anda lakukan dulu dan memakan waktu paling cepat. Jadi, lakukan kegiatan dan hilangkan banyak pikiran. 

4. Menahan diri
Si kecil menangis dan berteriak di dalam rumah ibadah, atau saat pesawat akan lepas landas. Salah satu yang yang menantang menjadi orangtua. Jangan lupa, bahwa mereka melakukan itu karena mereka anak-anak. Jadi ada baiknya Anda yang mengatur emosi dahulu, tarik napas, lalu bicarakan dengan mereka secara baik-baik.










(TIN)