Perajin Kain Jumputan Membuat Motif Khusus untuk Busana Siraman Putri Presiden

Pythag Kurniati    •    Minggu, 05 Nov 2017 12:18 WIB
jokowi mantu
Perajin Kain Jumputan Membuat Motif Khusus untuk Busana Siraman Putri Presiden
Adapun kain jumputan yang dipesan untuk siraman calon pengantin putri, terdiri dari kain untuk jarik dan kebaya. (Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati,

Metrotvnews.com, Solo: Putri presiden Kahiyang Ayu akan melangsungkan siraman sehari sebelum resepsi yakni pada Selasa, 7 November 2017. Dalam salah satu rangkaian prosesi siraman, Kahiyang akan menggunakan busana yang terbuat dari kain jumputan.

Kain jumputan adalah salah satu kain khas yang dibuat dengan teknik ikat celup. Disebut jumputan karena dalam proses pembuatannya, kain diikat atau dijumput.

Perajin kain jumputan yang dipercaya menangani kain jumputan untuk Kahiyang Ayu, Rita Andriyastuti masih merahasiakan motif jumputan yang akan digunakan putri presiden. Namun ia mengaku, busana Kahiyang menggunakan motif khusus yang belum pernah dibuat sebelumnya.


(Contoh kain jumputan. Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

(Baca juga: Ini Detail Undangan Pernikahan Kahiyang-Bobby)

“Kalau untuk Mbak Kahiyang ini motifnya belum ada yang pernah buat. Ini kami buat pertama kali,” jelasnya.

Motif yang akan digunakan Kahiyang dalam salah satu rangkaian prosesi siraman, lanjutnya, diwarnai kombinasi. Adapun kain jumputan yang dipesan untuk siraman calon pengantin putri, terdiri dari kain untuk jarik dan kebaya.

Rita mengaku bangga mendapatkan kepercayaan dari keluarga presiden. Menekuni usaha kain jumputan sudah dilakukan turun-temurun di keluarganya. “Sejak nenek saya. Saya ini generasi ketiga,” katanya.









(TIN)