Kegiatan-kegiatan yang Dilakukan Bersama Keluarga sebagai Pengganti Olahraga

Sunnaholomi Halakrispen    •    Minggu, 10 Feb 2019 06:24 WIB
keluarga
Kegiatan-kegiatan yang Dilakukan Bersama Keluarga sebagai Pengganti Olahraga
Kegiatan membersihkan rumah setiap hari tentu membutuhkan gerakan otot. (Foto: Very We Family)

Jakarta: Tugas membersihkan rumah akan menumpuk jika tidak dikerjakan secara bersama. Anda bisa melibatkan keluarga agar bisa selesai dengan mudah.

Bahkan kegiatan tersebut bisa menjadi pengganti berolahraga Anda bersama keluarga. Terutama bagi anak-anak. Mereka bakal belajar sesuatu yang baru. Baik itu mendapatkan aktivitas fisik maupun merasa dibutuhkan.

Selain itu melakukan pekerjaan rumah juga bisa sebagai hal yang membakar kalori dan membangun kekuatan. Dilansir dari Very Well Family, ada sejumlah pekerjaan rumah yang dapat membakar kalori dan mengembangkan kekuatan tubuh.

1. Mengecat rumah
Memang sebagian kegiatan renovasi rumah sebaiknya diserahkan kepada pro, tetapi Anda dapat mengambil alih pengecatan ruangan. Sementara anak-anak dapat turut serta dan biasanya termotivasi melakukannya.

Apalagi, jika mereka mengecat kamar mereka sendiri. Kegiatan mengecat ruangan diyakini dapat menjadi peregangan otot tubuh bagian lengan, bahu, punggung, dan kaki.

2. Perawatan rumput
Perawatan rumput baik yang dilakukan dengan manual maupun mesin pemotong rumput tetap membutuhkan tenaga manusia untuk mendorong. Bukan hanya pergerakan tubuh di satu titik lokasi, karena merawat rumput juga membutuhkan Anda berpindah ke lokasi lain.

Kegiatan ini menjadi bagian dari olahraga peregangan otot dan dengan polusi yang lebih sedikit. Namun, perlu diingat bahwa anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh mengoperasikan mesin pemotong rumput. Penggunaan mesin rumput dapat digunakan minimal oleh anak berusia 16 tahun.

3. Perawatan hewan peliharaan
Salah satunya ialah berjalan dan bermain bersama anjing peliharaan Anda. Kegiatan ini sebagai aktivitas fisik untuk manusia dan anjing peliharaan.

Selain itu, membersihkan kandang hewan peliharaan juga dapat membakar kalori. Untuk anak-anak, kegiatan ini membuat mereka belajar bertanggung jawab.

4. Pembersihan barang besar
Kegiatan membersihkan rumah setiap hari tentu membutuhkan gerakan otot. Bahkan, ketika menyapu maupun menggunakan mesin penyedot debu dapat lebih membuat Anda berkeringat dibandingkan mengayunkan kettlebell.

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh berkeringat ialah membersihkan barang yang lebih besar. Di antaranya, mencuci jendela, membersihkan perabotan dan peralatan di bawah jendela, membalik kasur, mengatur ulang ruang garasi, dan sebagainya.

5. Berkebun
Berkebun juga sangat bermanfaat untuk menyegarkan otot tubuh. Anda dapat menghirup udara segar, membersihkan kotoran dan air pembuangan di sekitar kebun. Dari hasil berkebun, Anda bahkan mendapatkan tanaman indah seperti bunga dan sayuran segar.

6. Mencuci
Kegiatan mencuci pakaian menguras tenaga dan membantu peregangan otot tubuh. Dalam kegiatan ini anak-anak bisa dilibatkan untuk membereskan tempat tidur, mengumpulkan handuk, dan mengangkut semua pakaian ke ruang cuci.

Selain itu, anak-anak dapat membantu menyortir pakaian kotor, melipat pakaian bersih dan mengembalikannya ke tempat yang semestinya, serta merapikan tempat tidur.


(FIR)