Tema Khusus Rona

18 Jam Mengudara untuk HUT ke-18 Metro TV

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 28 Nov 2018 19:29 WIB
aviani malikZilvia Iskandarhut metro tv
18 Jam Mengudara untuk HUT ke-18 Metro TV
Aviani Malik dan Zilvia Iskandar didapuk menjadi presenter HUT ke-18 Metro TV selama 18 jam nonstop. (Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas)

Jakarta: Media Televisi Indonesia (Metro TV) merayakan hari jadinya ke-18 tahun pada 25 November 2018. Hal itu tentu disambut meriah dan antusias oleh seluruh pegawai dengan caranya masing-masing.

Tak terkecuali dua presenter berita Metro TV, Aviani Malik dan Zilvia Iskandar. Pada hari ulang tahun kali ini, mereka diberikan kepercayaan memandu siaran live selama 18 jam penuh, tanpa henti.

"Jadi Metro TV mau buat terobosan di ulang tahunnya yang ke-18. Makanya muncul ide siaran HUT 18 jam nonstop sesuai usia Metro TV, dan dipilih dua presenter utama," kata Zilvia, kepada Medcom.id, Selasa 27 November 2018.

Siaran yang mereka pandu bertajuk "Melangkah Bersama untuk Indonesia.” Mereka mulai hadir di layar kaca pemirsa terhitung pukul 06.00-24.00 WIB.

Sepanjang waktu itu dua presenter berbincang hangat dengan narasumber yang berprestasi. Dari atlet nasional, creativepreneur juga sociopreneur.

Tak hanya itu. Dua presenter kondang turut mewawancarai jajaran pemimpin Metro TV dan presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang turut meramaikan acara.


(Berwefie ria di sela-sela siaran 18 jam nonstop HUT ke-18 Metro TV. Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas)

(Baca juga: Mengenal Dua Sisi Aviani Malik)

Persiapan matang

Memandu berita selama 18 jam penuh tentu bukan perkara gampang. Dibutuhkan persiapan fisik dan mental yang mumpuni. Apalagi sepanjang 18 jam, kedua presenter itu mesti memandu acara dengan beragam tema. Berikut narasumber yang berbeda-beda pula.

“Dibutuhkan riset yang matang, karena latar belakang narasumber kan berbeda-beda,” kata Aviani ketika berbincang dengan Medcom.id.

Aviani bilang, dia juga harus pandai-pandai mengatur waktu. Mahfum, di sela-sela persiapan acara, dia juga punya tanggung jawab menjadi presenter berita Metro TV.

“Curi-curi waktu belajar jauh hari sebelumnya. Biar enggak menumpuk. Juga perbanyak waktu tidur,” Aviani melanjutkan.

Begitupun Zilvia Iskandar. Perempuan kelahiran 1990 itu bahkan melakukan semua persiapan tersebut ketika sedang berlibur di luar negeri.

“Sebelum siaran 18 jam nonstop ini saya cuti seminggu untuk liburan ke Vietnam. Nah sambil cuti itu, saya sisipkan waktu untuk riset satu per satu profil narasumber yang akan hadir dan apa yang akan saya tanyakan ke mereka,” ujar Zilvia.

Meski sedang menikmati masa liburan, Zilvia juga rutin memantau rapat koordinasi lewat media sosial. Ia juga proaktif bertanya kepada para produser yang berjasa dibalik persiapan acara tersebut.

“Kalau untuk persiapan fisik, tidak ada persiapan khusus. Saya habis cuti jadi mungkin tenaga masih banyak, ha ha ha,” gelak Zilvia.

Tak terlupakan

Memandu acara selama 18 jam memberikan kesan tersendiri bagi Zilvia. Bahkan hal itu menjadi rekor siaran terpanjang yang pernah ia lakukan seumur hidup.

"Ini (siaran 18 jam) merupakan rekor pribadi saya. Tapi (belum) seperti rekor Muri," ujar Zilvia.

Zilvia juga mengaku teramat senang ikut andil dalam perayaan ulang tahun ke-18 Metro TV. Pengalaman tersebut diakuinya membekas sekaligus bermanfaat buat dirinya.

"Saya belajar banyak dan semakin bangga menjadi bagian dari Mertro TV," imbuhnya Zilvia. 

Sementara Aviani yang kami temui sore itu mengaku haru sekaligus bangga diberikan kepercayaan memandu pesta ulang tahun ke-18 Metro TV. Apalagi ketika menyambut Jokowi dan jajaran pemimpin Metro TV berkeliling ke markas besar perusahaan berlogo burung Elang tersebut.

“Berjalan di karpet merah memandu pak presiden ke dapur Metro TV. Rasanya saya seperti Ambasador-nya Metro TV ha ha ha,” tutup Aviani.


(TIN)