Cara Memanfaatkan Lidah Buaya

Raka Lestari    •    Jumat, 16 Nov 2018 12:00 WIB
tips & trik
Cara Memanfaatkan Lidah Buaya
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan lidah buaya. (Foto: Tucker Good/Unsplash.com)

Jakarta: Lidah buaya dianggap sebagai salah satu bahan yang baik untuk perawatan kulit dan bermanfaat bagi kecantikan. 

"Lidah buaya biasa digunakan sebagai salah satu bahan yang terdapat dalam banyak produk kecantikan. Lidah buaya juga terkenal sebagai salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat," ujar dokter kulit dari New York, Dhaval Bhanusali, MD. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan lidah buaya. 

1. Bisa digunakan setelah proses pencukuran
Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk meringankan kulit yang kering dan kemerahan setelah proses pencukuran atau waxing.  

"Enzim dalam lidah buaya memberikan sifat antiinflamasi yang dapat membantu mencegah rasa terbakar setelah proses pencukuran dan mengatasi luka kecil atau goresan," kata Bhanusali.


(Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk meringankan kulit yang kering dan kemerahan setelah proses pencukuran atau waxing. Foto: Shutterstock)

(Baca juga: Percantik Diri dengan Lidah Buaya)

2. Bisa digunakan sebagai make up remover
Cukup gunakan lidah buaya murni pada kapas, dan usapkan pada riasan Anda secara lembut. "Ini dapat digunakan untuk menenangkan kulit setelah hari yang panjang dan kadang-kadang dikombinasikan dengan produk lain," kata Bhanusali. 

"Anda juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan micellar water. Lidah buaya dapat menenangkan dan micellar water berfungsi sebagai magnet untuk menghilangkan kotoran, riasan wajah, dan polutan dari kulit."

3. Mengurangi inflamasi
"Lidah buaya sangat bagus sebagai antiinflamasi dan memberikan sensasi yang menghidrasi dan menenangkan," kata Bhanusali. 

"Lidah buaya dapat mencegah pelebaran pembuluh darah di daerah yang teriritasi, menghasilkan salisilat penghilang rasa sakit sebagai efek sampingnya, dan menghambat bagian dari respons imun yang memicu peradangan."

4. Dapat menyembuhkan luka bakar dan iritasi
Jika Anda mendapatkan luka bakar atau lecet yang menyebabkan iritasi, lidah buaya dapat menjadi teman baik untuk Anda. 

"Lidah buaya dapat menciptakan lingkungan yang mempercepat penyembuhan dan merupakan mediator antiinflamasi yang sangat baik untuk mempercepat luka lecet," kata Bhanusali.

5. Dijadikan masker rambut
"Rambut Anda mengandung asam amino dan enzim, seperti halnya lidah buaya," kata Chelsea Scott, seorang ahli kesehatan rambut. 

"Jadi dengan menggunakannya pada rambut memungkinkan Anda untuk memasukkan nutrisi itu kembali ke rambut Anda yang bisa hilang karena proses pencucian, styling, dan lingkungan." 




(TIN)