Newsline

Orang Tua Berperan Luar Biasa dalam Membentuk Kebiasaan Anak

   •    Rabu, 12 Apr 2017 17:02 WIB
psikologi anaktumbuh kembang anak
Orang Tua Berperan Luar Biasa dalam Membentuk Kebiasaan Anak
Ilustrasi. (Foto terbit/Sumaryanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang anak berusia 13 tahun di Jeneponto, Sulawesi Selatan, mempunyai kebiasaan aneh sering menghirup bau bensin. Bahkan hampir dipastikan ketika anak tersebut terjaga, salah satu tangannya selalu memegang botol berisi bensin untuk dihirup baunya.

Ironisnya, orang-orang di sekitar anak bernama Mustafa itu seakan tak peduli dengan kebiasaan aneh yang dilakukan. Bahkan keluarga dekat membiarkan Mustafa tetap melakukan perilaku tak lazim itu sejak usia 7 bulan.

"Sebenarnya kebiasaan yang dilakukan oleh anak pasti ada yang memberikan contoh, pengenalan, sampai bisa suka dengan bau bensin dan menjadi kebiasaan. Pasti ada yang mengenalkan," ujar Psikolog Anak Novita Tandry, dalam Newsline, Rabu 12 April 2017.

Menurut Novita, apapun yang dilakukan anak tak lepas dari faktor kebiasaan yang ditularkan oleh orang tua. Jika kemudian ditemukan kebiasaan tak lazim yang dilakukan oleh anak, mau tidak mau orang tua harus menghentikannya.

"Bisa bertahap. Kalau sudah tidak bisa harus konseling ke dokter, ke psikolog untuk mengetahui tahapan apa yang harus ditempuh," katanya.

Novita pun menyayangkan yang kerap kali terjadi adalah keluarga memilih untuk melakukan tindakan kuratif ketimbang preventif. Orang tua hanya bereaksi ketika kondisi anak sudah sangat memprihatinkan, padahal yang diperlukan justru tindakan pencegahan. 

"Orang tua punya andil besar dalam memberikan info kepada anak bahwa ini berbahaya, pengetahuan akan kesehatan dan dampak apa yang mereka rasakan dan tanggung kedepannya kalau melakukan ini," jelas Novita.




(MEL)