Jangan Biarkan Anak ke Sekolah Tanpa Sarapan, Ini 5 Alasannya

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 04 Apr 2017 06:47 WIB
tumbuh kembang anak
Jangan Biarkan Anak ke Sekolah Tanpa Sarapan, Ini 5 Alasannya
Anak yang sarapan akan lebih maksimal dalam menyerap ilmu di sekolah (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebelum memulai hari, setiap orang disarankan untuk makan pagi atau sarapan. Termasuk anak usia sekolah. Namun, di tengah padatnya kegiatan dan keterbatasan waktu, banyak orang melewatkan waktu sarapan. Terlambat bangun tidur dan terburu-buru berangkat, menjadi penyebab orang mengabaikan sarapan.


Patut Ibu ketahui, sarapan yang hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 15 menit itu mempunyai manfaat besar. Terutama bagi buah hati yang berada di usia sekolah. Ada lima manfaat sarapan yang bisa ia dapat dari sarapan:


1. Meningkatkan kemampuan anak dalam proses belajar


Sarapan memberikan energi yang anak butuhkan untuk menjalani aktivitas harian, khususnya di sekolah. Anak-anak yang makan sarapan sehat akan memiliki cadangan energi untuk menunjang proses belajar selama di sekolah. Seperti proses mengingat pelajaran, memecahkan masalah, dan bermain dengan teman.


2. Memengaruhi tingkat kehadiran


Anak yang memulai harinya dengan sarapan, memiliki tingkat kehadiran yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak sarapan. Sebab anak yang tidak sarapan rentan sakit. Mereka kerap mengeluh sakit perut, pucat, dan lemas saat menjalani proses belajar mengajar. Ketika hal itu terjadi, guru biasanya membawa siswa ke ruangan unit kesehatan sekolah atau bahkan memulangkan ke rumah.


3. Menstabilkan emosi


Emosional seseorang cenderung tidak stabil ketika perut lapar. Hal itu juga terjadi pada anak. Anak yang tidak sarapan sebelum sekolah, cenderung memiliki tingkat emosi lebih tinggi daripada yang sarapan. Tidak hanya itu, konsentrasi anak juga tidak maksimal menyerap ilmu di sekolah ketika perut lapar.


4. Menunjang tumbuh kembang
 


(Foto:Theasianparent)


Dengan sarapan, anak lebih lama merasa lapar sehingga tak tergoda jajan sembarangan. Kandungan karbohidrat tinggi dalam menu sarapan berupa roti gandum, sereal, roti merah, dapat membuat anak merasa lebih kenyang. Selain itu dapat menstabilkan kadar gula dalam tubuh.


Jangan lupa berikan anak susu setiap pagi. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak. Hal ini karena kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium berperan penting dalam membentuk tulang yang kuat.


5. Memenuhi nutrisi


Salah satu hal yang sering dilupakan oleh orang tua yaitu memberikan sarapan yang tak menunjang tumbuh kembang si buah hati. Tak jarang orang tua menyuguhkan menu sarapan yang dimakannya kepada si buah hati, padahal nutrisi yang dibutuhkan berbeda antara orang dewasa dengan anak.


Anak membutuhkan jenis sarapan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan nutrisi seimbang, tumbuh kembang anak akan berjalan normal.


Oleh karena itu, orang tua perlu meninjau kembali menu sarapan yang disajikan. Selain memberikan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang menunjang tumbuh kembang, orang tua juga harus membiasakan anak minum susu setiap hari. Segelas DANCOW FortiGro mengandung nutrisi protein, kalsium, zat besi, dan zink yang dibutuhkan anak untuk membantu menghadapi padatnya aktivitas sekolah.


Dengan rasa yang nikmat dan kandungan gula 25 persen lebih rendah, DANCOW FortiGro Cokelat tidak membuat mual si kecil. Temukan manfaat lengkap DANCOW FortiGro bagi tumbuh kembang anak Anda di sini.

 




(ROS)