Kegiatan Bersama dan Artinya Bagi Bayi

Yatin Suleha    •    Kamis, 03 Nov 2016 08:00 WIB
perkembangan anak
Kegiatan Bersama dan Artinya Bagi Bayi
Ketika bukan hanya Anda yang mengajaknya bermain cilukba, ia belajar berinterkasi dan ia belajar bahwa dunia ini penuh dengan orang-orang yang ramah. (Foto: Listsurge)

Metrotvnews.com, Jakarta: Si kecil mungkin belum bisa melakukan banyak hal, misalnya berbicara, melambai, atau bernyanyi-masih jauh sekali. Namun beberapa kegiatan berikut ini bisa Anda lakukan bersama si kecil yang masih bayi dan ini berarti baginya.

"Bayi secara biologis dipersiapkan untuk terlibat dengan orang lain dan mengambil pelajaran dari pengalaman tersebut," ujar A. Rebecca Neal, PhD, lektor prikologi di University of Texas, Austin, Amerika.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama dan ini tentu saja memiliki artinya tersendiri:

1. Bermain dengan mama serta papanya
Bermain dengan mama dan papanya merupakan hiburan favorit si kecil, tapi dia bisa saja mempunyai kegiatan rutin lainnya bersama Anda dan pasangan Anda, seperti menyanyi, menari, dan lainnya.

2. Melambai ke tetangga atau orang lain
Ini adalah kegiatan sosial pertama bayi yang ia pelajari untuk ditiru. Biasanya diusia antara 9-12 bulan. Mengapa hal ini penting juga untuknya, karena ketika orang lain membalas lambaiannya, hal ini memberitahukannya bahwa ia melakukan hal yang benar.

(Baca juga: Waktu yang Tepat Menyentuh Bayi Anda)

3. Bermain dengan bayi seusianya
Bayi terkesima dengan makhluk kecil lainnya, dan bermain dengan teman sebayanya mengajarkan hal yang penting juga, ini pelajaran ia berbagi dan ia tahu bahwa mengapa menarik rambut temannya tidak boleh dilakukan.

4. Pergi ke rumah nenek
Lebih banyak kasih sayang yang ia dapatkan tentu saja lebih baik. Beradaptasi dengan gaya pengasuhan yang sedikit berbeda dengan di rumah ibu Anda bisa membantunya menjadi lebih fleksibel.

5. Bermain cilukba 
Ketika bukan hanya Anda yang mengajaknya bermain cilukba, ia belajar berinterkasi dan ia belajar bahwa dunia ini penuh dengan orang-orang yang ramah.






(TIN)