Cara Memperbaiki Hubungan Secara Ilmiah

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 26 Sep 2016 10:58 WIB
romansa
Cara Memperbaiki Hubungan Secara Ilmiah
Menurut penelitian, berdebat adalah salah satu tanda dari hubungan yang berkomitmen. (Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah data dari Kantor Statistik Nasional di Inggris mengungkapkan bahwa jumlah penduduk yang mengalami rasa tak bahagia seara ekstrem meningkat dua kali lipat, dibandingkan saat survei tersebut dilakukan pertama kali tahun 2009. 

Sepertinya, saran untuk 'bicarakan lebih banyak' atau komunikasi sudah tidak mempan. Berikut ini adalah beberapa tips dari beberapa studi ilmiah yang dapat membantu Anda memperbaiki hubungan, seperti dilansir The Independent.

1. Menonton
Tontonlah film bersama dari awal hingga akhir. Sebuah penelitian yang melibatkan 174 pasangan di University of Rochester Amerika Serikat menemukan, bahwa menonton dan mendiskusikan lima film tentang hubungan selama satu bulan dapat mengurangi angkat perceraian hingga setengahnya. Hal ini disebabkan karena pasangan tersebut mencoba mengerti apa yang diinginkan satu sama lain dalam sebuah hubungan. 

2. Menggunakan emoji
Gambar-gambar lucu yang Anda gunakan saat berkomunikasi dalam pesan teks adalah bentuk komuniaksi yang tengah berkembang di Inggris. Berdasarakan sebuah penelitian di Namgor University, memasukkan wajah kuning kecil dalam teks dapat membantu seseroang berekspresi tanpa perlu pusing memikirkan kata yang tepat. 

(Baca juga: Jangan Pertahankan Hubungan Cinta yang Tak Sehat)


3. Mendampingi
Para peneliti menyarankan untuk mengkomunikasikan perasaan sambil melakukan kontak mata membuat pria merasa ragu. Jadi, sebaikinya bicarakan dengan santai seperti duduk berdampingan atau berjalan-jalan sehingga ia lebih santai. 

"Beberapa pria khususnya rentan terhadap perasaan malu atau frustrasi, ketika pasangan ingin berbicara tentang hubungan, takut jawaban mereka tidak memadai atau tidak mengerti," ujar Barbara Bloomfield, konseling supervisor di dewan derma hubungan Retale, kepada The Independent.

4. Banyak mengeluh dan berdebat
Memang aneh, namun tidak pernah bertengkar tentang hal-hal kecil selama lebih dari tiga tahun adalah aneh. Menurut John Gottman, profesor emeritus psikologi di University of Washington, berdebat adalah salah satu tanda dari hubungan yang berkomitmen. Jika Anda tidak bisa menyelesaikan perdebatan tentang hal-hal kecil, lalu bagaimana dengan hal-hal yang lebih rumit?

5. Berolahraga bersama
Sebuah studi yang melibatkan 64 pasangan yang tidak akur menemukan, bahwa olahraga membantu mengembalikan kontak fisik. Pasangan yang berolahraga bersama dua kali seminggu selama satu jam dalam kurun waktu enam bulan, menunjukkan lebih banyak rasa sayang dibandingkan pasangan yang tidak melakukannya. 





(TIN)

Video /