Studi: Kebanyakan Orang Yakin, Kecil Kemungkinan Pasangannya Selingkuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Sep 2016 12:51 WIB
romansa
Studi: Kebanyakan Orang Yakin, Kecil Kemungkinan Pasangannya Selingkuh
(Foto: Independent) Studi dari Science of Relationship yakin, 42 persen kemungkinan rata-rata pasangan pernah berselingkuh.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan orang berpikir pasangan mereka memiliki kesempatan berselingkuh lebih rendah dibandingkan dengan diri mereka sendiri. 

Penelitian yang dikutip dari Science of Relationship di University of Calgary dan McMaster Children's Hospital tersebut meneliti 200 mahasiswa yang sudah menjalin hubungan selama lebih dari tiga bulan. 

Para peserta mengisi kuesioner online yang berhubungan dengan keyakinan dan harapan mereka tentang perselingkuhan. Para peneliti tidak secara eksplisit mendefinisikan istilah "perselingkuhan," sehingga peserta menggunakan interpretasi mereka sendiri.

(Baca juga: Membina Hubungan Sehat Meski Anda Berasal dari Keluarga Broken Home)

Hasilnya, mereka percaya ada sekitar 42 persen kemungkinan rata-rata pasangan pernah berselingkuh, atau akan melakukannya. Namun, ketika dibalikkan pada hubungan mereka, para partisipan mengestimasi sekitar 5 persen yakin pasangan mereka telah berselingkuh, dan adanya peluang 8 persen mereka akan dikhianati. Selain itu, kemungkinan mereka pernah dan akan melakukan perselingkuhan adalah sebanyak 9 persen. 

Menariknya, meskipun belum menikah, mereka yakin dengan kualitas hubungan mereka yang bisa disamakan dengan pasangan yang telah sah secara hukum menikah. "Penelitian ini menyoroti sejauh mana orang termotivasi untuk percaya, bahwa hubungan mereka lebih baik daripada pasangan-pasangan lain. Dan itu justru bisa menjebak mereka sendiri," demikian hasil penelitian.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa meskipun para partisipan tidak berselingkuh, hanya sedikit yang membicarakan masalah kesetiaan tersebut pada pasangannya. Kurang dari dua-pertiga pasangan membicarakan hal tersebut, namun hanya sedikit yang sepikiran tentang topik tersebut. 

Namun, hasil penelitian menunjukkan pasangan kita hanyalah manusia biasa, yang juga memiliki kesempatan untuk berselingkuh, meski hanya kecil kemungkinannya. 






(TIN)