Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih

Raka Lestari    •    Selasa, 01 May 2018 09:46 WIB
kesehatan
Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih
Menurut para peneliti, senyawa belerang yang terdapat dalam bawang putih dapat memengaruhi oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi dalam tubuh manusia. (Foto: Courtesy of Theindependent.com)

Jakarta: Banyak yang menganggap bahwa bawang putih dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan dahulu banyak digunakan untuk mengobati beberapa penyakit pada manusia.

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh para ilmuwan dari Universitas Nottingham, para peneliti menyimpulkan bahwa bawang putih dianggap dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker tertentu, penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Selain itu, menurut penelitian tersebut juga cara mengolah bawang putih juga dapat memiliki efek positif pada kesehatan Anda. Bawang putih menghasilkan berbagai senyawa sulfur ketika diolah, entah itu dicincang, difermentasi dalam alkohol atau diperas untuk mendapatkan minyaknya.

(Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan Penyakit Kardiovaksular)


(Menurut para peneliti, senyawa belerang yang terdapat dalam bawang putih dapat memengaruhi oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi dalam tubuh manusia. Foto: Mike Kenneally/Unsplash.com)

Menurut para peneliti, senyawa belerang yang terdapat dalam bawang putih dapat memengaruhi oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi dalam tubuh manusia.

Perubahan tingkat molekul sinyal gas tersebut dapat dideteksi pada orang yang menderita banyak penyakit, karena mereka memiliki dampak besar pada komunikasi antar sel dan menjaga keseimbangan dalam tubuh.

"Molekul-molekul ini memberi keuntungan ekologis bagi tanaman saat mereka tumbuh di alam liar," kata Dr Peter Rose, ahli biokimia di Universitas Nottingham dan penulis senior studi tersebut. Dikutip dari Theindependent.com, para peneliti setuju bahwa bawang putih adalah salah satu dari beberapa spesies tanaman yang memiliki kemampuan restorasi atau kemampuan untuk menyembuhkan yang kuat.




(TIN)