Pasangan yang Menikah Lama Lebih Bahagia daripada yang Baru?

Raka Lestari    •    Senin, 23 Apr 2018 12:36 WIB
keluargapsikologi
Pasangan yang Menikah Lama Lebih Bahagia daripada yang Baru?
Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Social Networks dan Life Course, pasangan yang dapat memertahankan pernikahannya sampai 20 tahun merasa lebih bahagia daripada yang baru menikah. (Foto: Alice Donovan Rouse/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin banyak yang mengira bahwa masa-masa awal pernikahan adalah masa yang paling membahagiakan dalam hubungan pernikahan. Namun ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. 

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Social Networks dan Life Course, pasangan yang dapat memertahankan pernikahannya sampai 20 tahun merasa lebih bahagia dan lebih cocok daripada pengantin baru.

Para peneliti dari Universitas Pennsylvania dan Universitas Brigham Young juga menemukan bahwa yang bertahan lama ini mendapat manfaat dari menghabiskan lebih banyak waktu bersama dalam kegiatan bersama daripada mereka yang  baru menikmati masa bulan madu mereka.

Paul Amato dan Spencer James, peneliti dalam studi tersebut meneliti informasi dari 2.034 orang yang sudah menikah dan mengidentifikasi rata-rata pada usia berapa ketika kepuasan mereka meningkat dan menurun selama menjalani pernikahan. 


("Stereotipe yang mengatakan bahwa pernikahan akan membenci satu sama lain seiring dengan bertambahnya usia pernikahan adalah sesuatu yang tidak benar," ujar Harry Benson, direktur penelitian di Marriage Foundation. Foto: Gabby Ocrutt/Unsplash.com)

Mereka menemukan bahwa kepuasan pernikahan secara bertahap menurun selama 20 tahun pertama pernikahan tetapi kemudian mulai stabil lagi setelah periode ini.

(Baca juga: Mengenal Lebih Jauh "Ketidakpuasan" dalam Pernikahan)

"Meskipun perceraian adalah sesuatu yang umum terjadi saat ini, sekitar setengah pernikahan bertahan seumur hidup dan pandangan mereka terhadap pernikahan ke depannya cukup optimis, dengan interaksi yang tinggi dan angka perselisihan menurun," menurut para peneliti.

Mereka percaya bahwa temuan tersebut mencerminkan bagaimana pasangan menemukan "tingkat penghargaan yang lebih dalam" setelah bertahun-tahun bersama, yang kemudian mengarah pada kepuasan pernikahan dan kenikmatan yang lebih besar. 

"Stereotipe yang mengatakan bahwa pernikahan akan membenci satu sama lain seiring dengan bertambahnya usia pernikahan adalah sesuatu yang tidak benar," ujar Harry Benson, direktur penelitian di Marriage Foundation.





(TIN)