Alasan Mengapa Saklar Lampu Kamar Mandi di Luar

Raka Lestari    •    Rabu, 03 Jan 2018 16:31 WIB
Alasan Mengapa Saklar Lampu Kamar Mandi di Luar
Walau di Amerika Serikat terdapat saklar lampu yang kedap air dengan aliran listrik yang hanya dikhususkan untuk di kamar mandi, umumnya orang tetap meletakkannya di luar. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Pernahkan Anda masuk ke kamar mandi dan menyadari bahwa justru saklar lampu kamar mandi tidak ada di dalam ruangan? Padahal sepertinya akan mudah jika saklar lampunya berada di dalam ruangan yang sama. Dan ternyata sebenarnya ada alasan yang cukup masuk akal mengapa saklar lampu kamar mandi tidak disimpan di dalam ruangan. 

Di dalam kamar mandi terdapat bak mandi, keran, atau wastafel yang biasanya terdapat air di sekitarnya. Sedangkan saklar lampu, biasanya memiliki aliran listrik yang berada di dalamnya. 

Mineral dalam air menghantarkan arus listrik, sehingga menempatkan barang-barang listrik ketika Anda dalam keadaan basah dapat berpotensi menimbulkan bahaya.

Jika tangan Anda yang basah bersentuhan langsung dengan kabel-kabel, kulit Anda harus berjuang untuk melawan arus listrik yang dapat menyebabkan Anda mengalami risiko cedera yang serius. 


(Walau di Amerika Serikat terdapat saklar lampu yang kedap air dengan aliran listrik yang hanya dikhususkan untuk di kamar mandi, umumnya orang tetap meletakkannya di luar. Foto: Courtesy of Shutterstock)

(Baca juga: Tips Praktis agar Rumah Anda Selalu Rapi)

Untungnya, di Amerika Serikat terdapat saklar lampu yang kedap air dengan aliran listrik yang hanya dikhususkan untuk di kamar mandi saja. Dalam arti lain, dengan menggunakan saklar lampu yang kedap air tersebut dapat meminimalisir kemungkinan Anda tersengat listrik saat menyalakan lampu di kamar mandi. 

Namun di Inggris, terdapat peraturan yang mengharuskan saklar lampu berada paling sedikit 60 sentimeter (sekitar dua kaki) dari bak mandi. Untuk kamar mandi ukuran kecil, orang Inggris biasanya menggunakan kabel yang digantung di plafon untuk menjauhkan dari bahaya. 

Tentunya akan lebih aman jika memasang saklar lampu yang berada di luar kamar mandi karena lebih aman jika dibandingkan memasangnya di dalam kamar mandi Anda sendiri. 








(TIN)