7 Benda yang Sebaiknya Tidak Dicuci dengan Mesin

Torie Natalova    •    Senin, 05 Mar 2018 16:51 WIB
tips & trik
7 Benda yang Sebaiknya Tidak Dicuci dengan Mesin
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mesin cuci memang membuat pekerjaan mencuci Anda menjadi lebih praktis dan cepat. Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa tidak semua benda bisa Anda cuci dengan mesin.

Apa saja benda yang tidak boleh masuk ke dalam mesin cuci, berikut ulasannya seperti dilansir dari Prevention.

1. Bantal busa

Pergerakan mesin cuci bisa menyebabkan busa kendur atau rusak. Karena busa secara alami tahan debu, bantal ini bisa tetap bersih lebih lama dibanding bantal berbahan kapuk. Anda dapat membersihkannya sekali atau dua kali setahun dengan menyikat nodanya saja.

2. Baju yang terkena bulu binatang

Bulu binatang yang menempel di pakaian sebaiknya tidak dicuci dengan mesin. Bulu binatang bisa menggumpal dan menempel pada di sisi drum mesin cuci atau menyumbat pipa pembuangan mesin cuci.

3. Bra

Bra yang dicuci dalam mesin bisa cepat rusak dan mengendur. Belum lagi kait bra yang tidak dilapisi bisa merobek pakaian lain atau terperangkap di mesin silinder.

4. Bahan yang terkena noda mudah terbakar

Hindari memasukkan pakaian yang kotor terkena noda seperti bensin, minyak goreng, cat thinner atau alkohol ke dalam mesin cuci. Panas pengering pada mesin cuci dapat menyebabkan pakaian terbakar yang bisa memicu ledakan.

5. Bahan berenda atau bordir

Pakaian dengan bahan yang halus seperti renda atau manik-manik sebaiknya tidak dicuci dengan mesin karena gerakannya dapat menghancurkan detilnya. Hal ini terutama dapat terjadi pada bahan yang hanya direkatkan bukan dijahit. Selain itu, bahannya yang tipis dapat robek jika bersentuhan dengan pakaian yang memiliki kancing, ritsleting atau kait.

6. Material berukuran besar

Jangan paksa mencuci selimut atau bahan lain yang berukuran sangat besar ke dalam mesin cuci jika kapasitasnya tidak cukup. Tanpa ruang yang cukup untuk barang bergerak, deterjen yang beredar di drum mesin tidak dapat menyebar dan membersihkan dengan baik. Ini juga dapat membuat selimut ukuran besar kusut yang dapat mematahkan roda dalam mesin cuci Anda.

7. Pakaian dari wol, beludru atau kasmir

Kain yang licin dan alami tidak sesuai dengan gerakan abrasif mesin cuci sehingga dapat membuatnya terlihat pudar, kusut atau cacat hanya setelah satu kali mencucinya. Bahkan, mesin cuci dapat membuat ukurannya mengecil.

Lihat video:




(DEV)