Cara Mudah Mengajak Anak Tidur Tepat Waktu

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 04 Jan 2018 18:07 WIB
perkembangan anak
Cara Mudah Mengajak Anak Tidur Tepat Waktu
Membiasakan tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu buah hati secara fisik dan mental untuk segera istirahat tepat waktu. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Terkadang, menyuruh anak tidur tepat waktu merupakan salah satu hal yang menantang untuk dilakukan. Tak jarang orangtua menyuruh anak agar segera istirahat dengan sedikit emosi.

Bagi orangtua yang memiliki masalah tersebut, jangan khawatir. Berikut beberapa trik mudah mengajak anak tidur tepat waktu yang bisa Anda lakukan.

1. Tidur sesuai jadwal
Membiasakan tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu buah hati secara fisik dan mental untuk segera istirahat tepat waktu. Usahakan untuk menjaga waktu tidur tetap konsisten, karena jadwal yang berubah membuat sulit untuk kembali ke jadwal yang biasa.

2. Matikan televisi
Jangan gunakan TV atau perangkat elektronik lainnya jika sudah mulai memasuki jadwal istirahat. Pasalnya, televisi atau perangkat elektronik lainnya membuat anak bisa terjaga.

Selain itu, mematikan televisi juga dapat menghindarkan anak-anak dari program yang mengandung konten yang dapat mengganggu kualitas tidur mereka. Sebab, konten seperti kekerasan, ketegangan, drama, konflik atau menakutkan dapat menyebabkan mimpi buruk.


(Membiasakan tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu buah hati secara fisik dan mental untuk segera istirahat tepat waktu. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: 4 Langkah Mengembangkan Potensi Anak)

3. Mulai rangkaian rutinitas
Memulai rangakaian rutinitas sebelum tidur dapat membantu memberitahukan anak untuk segera tidur. Rutinitas yang dimaksud yaitu memakai piyama, menyikat gigi, dan membaca buku.

4. Ciptakan tempat tidur yang nyenyak
Jadikan kamar tidur anak anda merupakan tempat yang sangat nyaman. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamar tidur anak menjadi nyaman, diantaranya menjaga suhu kamar agar tidak terlalu panas atau dingin.

Selain itu, redupkan cahaya kamar tidur anak Anda karena hal itu dapat membuatnya merasa nyaman. Pastikan juga di tempat tidur tidak ada tumpukan boneka binatang atau mainan karena hal itu dapat memancing mereka tetap terjaga.

5. Ajak anak aktif pada siang hari
Pastikan anak Anda mendapatkan aktivitas yang cukup pada siang hari, hal itu akan membuat anak si kecil merasa letih dan akhirnya membuat mereka tidur cepat pada malam hari.

Selain itu, pastikan mereka tidak aktif sebelum tidur. Cobalah untuk memastikan mereka selesai bersepeda, berlarian dan menari setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

6. Kurangi tidur siang
Kurangi jumlah tidur siang si buah hati ketika sudah memasuki umur tiga tahun. Pasalnya, tidur siang dapat membuat anak sulit tertidur di malam hari. 










(TIN)