Tips Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 21 Oct 2017 15:41 WIB
psikologi anakperkembangan anak
Tips Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum
Tips Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak mudah mengontrol emosi anak di tempat umum. Bila tak bisa menangkap apa yang diinginkan si kecil, tak jarang mereka akan berteriak dan menangis terus-menerus atau tantrum tanpa peduli sekitar.

Bagi para ibu yang kebingungan dalam menghadapinya, cobalah beberapa cara berikut agar anak bisa kembali tenang.

1. Berikan pelukan
Cobalah memeluk si kecil dengan lembut disertai kecupan kecil. Setelah itu, nyanyikan lagu kesukaannya untuk membuatnya lebih tenang dan meredakan urat yang menegang. Mengelus punggung anak beberapa kali juga bisa membuat mereka lebih bersikap baik.

2. Tawarkan mainan
Tak jarang orang tua membawa mainan atau buku bergambar saat pergi dengan anak. Ketika anak mulai rewel, cobalah berikan mainan atau benda yang membuat suasana hati mereka membaik. Cara ini cukup mempan untuk mengontrol amarah di kecil di tempat umum.

3. Tawarkan camilan
Kebanyakan anak tantrum karena lapar. Selalu bawa cemilan kemanapun Anda pergi, seperti buah potongan atau kacang-kacangan. Cobalah berikan makanan tersebut jika anak mulai merengek tak jelas.

4. Berbicara dengan pelan dan mengajak jalan-jalan
Terkadang strategi ini tak cukup ampuh, namun tak ada salahnya mencoba. Menjauhlah sejenak dari keramaian dengan si kecil dan ajak bicara dengan lembut agar anak merasa lebih tenang. Ketika anak sudah kembali diam, kembalilah ke kerumunan.

5. Menidurkan anak
Mengantuk juga terkadang penyebab umum anak tantrum. Segera gendong atau bawa ke tempat sepi agar si kecil bisa tertidur.


(ELG)