Keuntungan yang Anda Peroleh jika Bergabung dalam Komunitas

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 02 Apr 2018 19:01 WIB
kaskus
Keuntungan yang Anda Peroleh jika Bergabung dalam Komunitas
Salah satu keseruan kopi darat Kaskuser. Foto: Dok. KASKUS

Jakarta: Komunitas biasanya terdiri atas orang-orang yang memiliki kegemaran sama. Selain berdasarkan hobi, komunitas bisa terdiri atas sekumpulan orang yang berasal dari daerah sama, area tempat tinggal, agama, dan lainnya. 

Perlu diketahui, bergabung dalam sebuah komunitas memiliki banyak keuntungan bagi kehidupan Anda. Apa saja?

1. Teman baru dan informasi terpercaya

Anda bisa menemukan banyak teman baru saat bergabung dalam sebuah komunitas. Anda bisa dengan mudah berdiskusi dengan kawan-kawan yang memiliki kesamaan. Anda juga akan mendapatkan banyak informasi baru dari teman-teman sekomunitas. Misalnya, Anda pecinta motor jadul dan butuh info mengenai bengkel untuk servis, atau menanyakan soal online shop paling terpercaya untuk membeli koleksi baru dan lainnya. Selain mudah mendapatkan infonya, Anda akan mendapatkan rekomendasi dari teman komunitas.

2. Belajar berorganisasi

Saat Anda bergabung dengan komunitas, tak jarang akan berujung pada keinginan menggelar suatu event bersama anggotanya. Di sinilah Anda dilatih untuk belajar berorganisasi, berbagi tugas dan tanggung jawab, serta mengorganisir acara.  

3. Kolaborasi komunitas dan brand

Setiap komunitas pasti memiliki beberapa orang yang menonjol di antara anggota lainnya. Tanpa disadari, biasanya mereka berperan sebagai opinion leader dan bisa memberikan pengaruh besar kepada anggota lainnya. Komunitas yang solid dan mempunyai opinion leader yang kuat inilah yang biasanya ditengok oleh brand. Kekuatan dari komunitas sebagai opinion leader merupakan salah satu strategi dan pendekatan yang dilakukan brand untuk memperkenalkan dan memperkuat produknya. 

Lalu, bagaimana komunitas menanggapi banjir tawaran kerjasama dari brand? Tentunya sangat terbuka jika ada brand yang memiliki hubungan dengan mereka menjajaki kerja sama, terlebih jika kemudian brand tersebut memberikan dukungan pada acara komunitas sebagai salah satu timbal baliknya. Sayangnya, kebanyakan pendekatan yang dilakukan dari sisi brand belum tepat. Misalnya, acara dengan komunitas hanya dilakukan sekali saja, brand tidak terjun langsung dan tidak ‘berteman’ dengan komunitas. Sementara, momen nongkrong bareng dan ngobrol bersama anggota komunitas bisa memperkuat hubungan antara komunitas dengan brand.

4. Asyiknya Kopdar

Menjalin komunikasi dengan anggota komuitas kini semakin mudah, terlebih lagi dengan kemajuan teknologi. Anda juga bisa memulai obrolan melalui forum online seperti KASKUS atau aplikasi pertukaran pesan. Mudah dan efektif, sebab Anda bisa diskusi di mana saja dan kapan saja. Tapi ada yang lebih utama dan asyik dari ajang kopdar atau kopi darat. Ajang kumpul yang biasanya dilakukan seminggu atau sebulan sekali merupakan rutinitas yang sangat ditunggu oleh anggota komunitas. 



(ROS)