Selain Komunikasi, 3 Tips Ini Bikin Hubungan LDR Langgeng

Cecylia Rura    •    Senin, 06 Nov 2017 12:51 WIB
tips & trik
Selain Komunikasi, 3 Tips Ini Bikin Hubungan LDR Langgeng
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak banyak pasangan yang mampu mempertahankan hubungan saat menjalani long distance relationship  (LDR). Ada beban psikis dan rasa curiga berlebih ketika berada jauh dari kekasih.

Hal ini kemudian menjadi problem bagi sebagian besar pasangan ketika akan menjalani LDR. Tak jarang, pasangan akan dihadapkan pada dua pilihan, mempertahankan hubungan atau fokus pada apa yang dicita-citakan, atau opsi lain untuk mempertahankan hubungan adalah dengan bersabar menjalaninya.

Bagi Anda yang resah ketika jauh dari kekasih, berikut ini beberapa tips kunci sukses LDR yang dikutip dari laman Teen Vogue.

1. Buat kesepakatan

Ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk memperjuangkan hubungan, cobalah untuk menghadapi segala sesuatunya ke depan, baik dan buruknya. Lebih baik untuk mencoba kemudian merasakan hasilnya, daripada tidak sama sekali.

Saat LDR, status hubungan acap kali kali menjadi persoalan krusial. Profesor Susan Blake, Ph.D. yang telah berpengalaman menangani kasus asmara lebih dari 13 tahun mengatakan, bersikap jujur terhadap apa yang Anda rasakan dan mencoba merupakan hal yang sangat penting.

Sebagai contoh, kondisi LDR seolah membebaskan salah seorang pasangan dari ruang untuk bergerak sehingga menimbulkan hasrat untuk menjalin kasih dengan orang lain. Sementara pasangan yang lain, ada yang benar-benar bisa mempertahankan hubungan keduanya. Apapun keputusan yang diambil, pastikan Anda dan pasangan merasa nyaman. Hindari membuat keputusan yang tidak benar-benar diinginkan dengan mengekang pasangan.

2. Jaga komunikasi

Saat Anda dan pasangan menjalani LDR, komunikasi menjadi hal yang penting. Awalnya mungkin tidak mudah, tetapi lama kelamaan Anda akan terbiasa. Beruntungnya di zaman sekarang ini, teknologi telah mempermudah komunikasi, Anda bahkan dapat melakukan Face Time sekaligus.

3. Hindari cemas berlebih

Merasa cemas berlebih adalah hal yang normal dirasakan ketika Anda jauh dari kekasih. "Satu hal yang penting dalam menjalin hubungan ini adalah rasa khawatir. Berpisah dengan kekasih akan memberikan rasa cemas berlebih dari biasanya, dan akan terus dihantui rasa tidak aman," ungkap Blake kepada Teen Vogue.

"Anda mungkin tidak sadar cenderung dibakar api cemburu hingga akhirnya apa yang dikhawatirkan benar-benar terjadi."

Merasa cemas tak hanya membuat Anda gila, tetapi juga membuat Anda selalu memikirkan hal di luar kenyataan yang ada. Jika ada perasaan yang mengganggu, sebaiknya tanyakan pada pasangan daripada harus menduga-duga setiap melihat aktivitasnya di media sosial.

4. Luangkan waktu untuk orang lain

Sudah pasti akan ada perasaan up and down ketika menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan. Namun, bukan berarti Anda mengabaikan orang-orang tersayang di sekeliling Anda, seperti keluarga dan sahabat.

"Menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat juga penting. Di samping itu, Anda juga bisa memulai aktivitas lain untuk menjaga kesehatan tubuh," kata kata Blake.

Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri akan ada bahan cerita baru saat berkomunikasi dengan pasangan, dan topik itu menarik untuk dibicarakan. Memang penting menjaga hubungan dengan pasangan terutama ketika hubungan dibatasi jarak, namun jangan lupa bahwa Anda juga punya dunia sosial lain yang tak boleh dilupakan.




(DEV)