Kembalikan Motivasi yang Hilang dengan Cara Berikut

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 26 Jun 2017 14:43 WIB
hypnomotivasi
Kembalikan Motivasi yang Hilang dengan Cara Berikut
Ilustrasi (Foto: ScottAlanTurner.com)

Metrotvnews.com: Seberapa sering Anda kehilangan motivasi dalam melakukan sesuatu yang Anda senangi? Banyak orang mengalami hal tersebut, namun bukan berarti Anda tak bisa mengembalikannya. 

Sebelum mengetahui cara mengembalikannya, terdapat tiga hal yang membuat Anda menjadi tak bersemangat menjalani kesenangan Anda. Pertama, Anda tkurang mengetahui dengan jelas apa tujuan hidup Anda.  Jika Anda tak peduli dengan apa yang Anda lakukan, tak akan ada motivasi. Oleh karena itu, carilah makna dari apa yang sedang Anda lakukan atau ubah fokus Anda pada sesuatu yang Anda pedulikan. 

Kedua, target Anda tidak realistis. Memasang target yang terlalu tinggi dan kemudain gagal mencapainya akan membuat Anda cepat menyerah. Oleh karena itu, buatlah target yang bisa tercapau dan nikmatilah kepuasan dalam mencapai tujuan-tujuan sederhana yang akan terus berkembang kelak. 

Ketiga, terlalu berusaha menyenangkan orang lain. Adalah mustahil berusaha menyenangkan semua orang. Fokuslah pada tujuan dan lakukan apa yang Anda anggap benar. Jangan mengubah diri Anda untuk menarik perhatian orang lain. 

Bagi Anda yang merasa kehilangan motivasi, berikut adalah beberapa tips agar semangat tersebut bisa kembali lagi. 

1. Identifikasi tujuan Anda dengan jelas. Pastikan itu adalah hal yang benar-benar Anda pedulikan dan ingin Anda capai. 

2. Pasanglah tujuan yang bisa dicapai dan terukur. Persiapkan diri Anda agar bisa sukses mencapai tujuan yang sudah ditargetkan tersebut. 

3. Menjadi ambisius. Jangan memasang target yang terlalu rendah, yakinlah pada diri Anda bahwa Anda bisa mencapai target yang sudah Anda tentukan. 

4. Berpikir di luar diri Anda. Motivasi akan bertahan lama bila Anda tidak fokus pada diri Anda, namun bagaiman misi Anda dapat berpengaruh pada orang lain. Dengan demikian, motivasi Anda pun akan bertambah.

(ASA)