Mengenal Karakteristik Anjing Pit Bull

Yatin Suleha    •    Selasa, 08 Aug 2017 14:33 WIB
keluarga
Mengenal Karakteristik Anjing Pit Bull
Memelihara Pit Bull semenjak kecil mungkin terlihat lucu. Namun, pit bull akan menuju dewasa. Dan ketika mereka dewasa, kepribadiannya juga berkembang. (Foto: Teddy Kelley/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejadian pilu terhadap seorang bocah dari hewan peliharaannya baru-baru ini kembali menjadi perhatian khalayak ramai.

Ramisya Bazigha, seorang bocah berusia 8 tahun meninggal akibat digigit anjing jenis pit bull classic di bagian lehernya, Minggu (6/8/2017), di rumahnya di Jalan Candi Penataran, Kelurahan Mojolangu, Kota Malang.

Namun sebenarnya bagaimana karakteristik anjing pit bull itu sendiri?



Dalam tulisan dari Robin Rock yang merupakan pendiri dan direktur dari Measle’s Animal Haven Pit Bull Rescue di Petfinder.com, ditemukan bahwa sebenarnya anjing pit bull merupakan peliharaan yang loyal (setia) bersahabat, dan berdedikasi untuk menemani tuannya. 

Namun, dalam keterangan yang sama, agresi pit bull bisa terjadi jika anjing ini mendapatkan perlakuan dan dibesarkan dengan cara yang buruk, misalnya telah diberikan makan, jarang diajak berjalan-jalan, tidak diperhatikan, atau tidak terawat dengan baik dan juga dilatih dengan sengaja yang untuk tujuan menyerang manusia, maka agresi-anjing pit bull juga akan timbul. 

(Baca juga: Memilih Hewan Peliharaan Sesuai Perkembangan Si Kecil)

Namun, jika pit bull dibesarkan dengan baik, terutama semenjak ia masih kecil, maka sebenarnya secara umum pit bull merupakan hewan peliharaan yang penyayang. 



Rock juga menambahkan bahwa memeliharanya semenjak kecil mungkin terlihat lucu. Namun, pit bull akan menuju dewasa. "Dan ketika mereka dewasa, kepribadiannya juga berkembang. Ini yang Anda bisa lihat sebagai dominasi Pit Bull atau bisa juga ia patuh pada orang. Baik anjing yang tidak toleran dan agresi pada anjing adalah sifat-sifat yang tidak berkembang dalam beberapa jenis anjing, sampai mereka sepenuhnya matang (dewasa)."









(TIN)