Atasi Rasa Cemburu Terhadap Pasangan dengan 5 Cara Ini

Raka Lestari    •    Kamis, 22 Mar 2018 15:37 WIB
romansa
Atasi Rasa Cemburu Terhadap Pasangan dengan 5 Cara Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Jika Anda pernah bertanya-tanya apakah cemburu itu normal dalam hubungan yang sehat, jawabannya normal.

"Jika Anda manusia, Anda pasti pernah merasakan cemburu pada saat-saat tertentu," ujar Rebecca Hendrix, terapis hubungan dari New York, dilansir dari Women's Health.

Tetapi jika Anda terus-menerus berkelahi tentang mantan pacar pasangan, itu jadi pertanda bahaya, kata Hendrix.

"Berapa banyak kecemburuan yang Anda miliki dan bagaimana Anda menghadapinya akan menentukan apakah itu akan merusak hubungan Anda atau tidak," katanya.

Oleh karena itu, agar perasaan cemburu tidak menghancurkan hubungan Anda, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ingat untuk mengatasi rasa cemburu seperti dilansir Women's Health.

1. Beristirahat

"Rasa cemburu sebagian besar adalah perasaan tidak beralasan yang kita rasakan karena persepsi yang kita miliki tentang perilaku pasangan kita," jelas Hendrix.

Ketika perasaan cemburu melanda, cobalah untuk rehat sejenak untuk mencairkan suasaana tersebut. Misalnya saja dengan berjalan-jalan, mandi, atau bahkan tidur siang. Jika Anda masih saja merasa cemburu, coba bicarakan kepada pasangan apa yang membuat Anda merasa cemburu terhadap mereka.  

"Pasangan yang sehat akan mendiskusikan perasaan cemburu dan menyelesaikannya," kata Hendrix.

2. Hindari konfrontasi

Daripada melakukan konfrontasi dengan menuduh pasangan, lebih baik beri tahu pasangan tentang bagaimana perasaan Anda.

"Jika Anda merasa pasangan Anda sedang menggoda seseorang, beri tahu mereka bagaimana tindakan mereka itu memengaruhi Anda," kata Hendrix.

Ungkapkan perasaan yang Anda rasakan tersebut.  Jika pasangan Anda tidak merasa seperti yang dituduhkan, biasanya mereka bisa memahami apa yang Anda rasakan.

3. Tetapkan batasan

"Jika pasangan Anda memiliki penilaian yang berbeda tentang hubungan dengan lawan jenis, bicarakan tentang batasan-batasan," kata Hendrix.

"Katakan pada pasangan bahwa Anda ingin menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki kesadaran diri  dan memiliki batasan-batasan yang baik dengan teman-temannya, terutama teman wanita."

4. Jangan biarkan ketakutan menang

Sering kali, cemburu sama dengan rasa takut, kata Hendrix.  Ketika Anda mulai merasakan perasaan cemburu, coba ingatkan diri Anda tentang tiga hal yang dilakukan pasangan yang membuat Anda merasa dicintai," kata Hendrix.

"Pilih untuk merasakan cinta pada situasi seperti saat ini dibandingkan memilih untuk menyulut rasa takut."

5. Berikan diri Anda rasa cinta

"Cemburu adalah perasaan yang menyebalkan. Sangat mudah untuk menyalahkan diri sendiri ketika Anda merasa cemburu dan tidak berdaya," kata Hendrix.

Namun, jika Anda terlalu keras pada diri sendiri, Anda justru malah akan membuat diri Anda merasa tidak berharga dan lebih sulit untuk membangkitkan kepercayaan diri Anda. Cintai diri Anda sendiri. Beri diri Anda tiga pujian setiap hari untuk membangun rasa cinta terhadap diri sendiri.


Lihat video:




(DEV)