Ciri Pasangan Kencan Anda Memiliki Gangguan Narsistik

Raka Lestari    •    Senin, 08 Jan 2018 10:36 WIB
romansapsikologi
Ciri Pasangan Kencan Anda Memiliki Gangguan Narsistik
Pasangan yang memiliki masalah kejiwaan yang berhubungan dengan sifat narsistik mereka akan selalu menyalahkan Anda dalam situasi apapun. (Foto: Bryan Apen/Unsplash.com)

Jakarta: Melihat apakah seseorang memiliki sifat narsis yang berlebihan pada tahap awal berpacaran tidak semudah yang Anda pikirkan, itulah sebabnya mengapa banyak orang akhirnya menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki sifat narsis berlebihan.

Untuk menghindari agar tidak berhubungan dengan orang-orang yang memiliki sifat narsis yang berlebihan, berikut ini adalah ciri-ciri awal yang bisa diperhatikan apakah pasangan Anda memiliki sifat narsis yang berlebihan atau tidak, dikutip dari Huffington Post: 

1. Merencanakan seluruh kegiatan pada kencan Anda 
Pasangan Anda akan memilih restoran mana yang akan dipilih, memberitahukan makanan apa saja yang sebaiknya dipesan, dan bahkan sudah menentukan apa yang harus Anda lakukan setelah itu. "Bukannya menanyakan apa yang Anda mau, pasangan yang narsis justru malah mengatur acara yang mereka inginkan," ujar Craig Malkin, seorang psikolog dari Amerika Serikat. 

"Jika pasangan Anda bersikeras untuk merencanakan keseluruhan kegiatan yang akan dilakukan, mungkin Akan terlihat menyenangkan. Namun hal tersebut juga menandakan bahwa pasangan Anda adalah seseorang yang menuntut agar semuanya berjalan sesuai keinginan mereka."

(Baca juga: Cinta Sejati Dibuktikan dari Hal-hal yang Sederhana)

2. Menunjukkan rasa cinta yang berlebihan 
Menunjukkan dengan jelas ketertarikannya kepada Anda mungkin terasa menyenangkan, "Namun menunjukkan perhatian dan kasih sayang yang berlebihan biasanya karena ada hal lain yang diinginkan," ujar Virginia Gilbert, terapis pernikahan asal Los Angeles.

"Perhatian yang diberikan terasa memabukkan sehingga Anda bisa mengabaikan kenyataan bahwa terlalu dini untuk merencanakan masa depan bersamanya." Ia menambahkan, "Pasangan Anda memberikan perhatian yang berlebihan biasanya karena ada yang mereka inginkan, entah itu keintiman fisik, uang, koneksi."


(Pasangan yang memiliki masalah kejiwaan yang berhubungan dengan sifat narsistik mereka akan selalu menyalahkan Anda dalam situasi apapun. Foto: Gettyimages)

3. Tidak bersikap ramah terhadap pelayan 
"Perhatikan bagaimana pasangan kencan Anda memperlakukan pelayang karena hal itu bisa menjadi pertanda bagaimana mereka akan memperlakukan Anda," ujar Darlene Lancer, terapis pernikahan dan keluarga. "Sikap kasar mereka terhadap pelayan bisa menjadi petunjuk bahwa mereka mungkin secara emosional bersikap kasar."

4. Meyakinkan Anda tentang hubungan
Lancer menatakan jika Anda berkencan dengan narsisis, mereka mungkin akan mengatakan bahwa mereka mencari pasangan hidup, tapi sepertinya tidak menemukan siapa pun yang layak diinvestasikan. "Mereka mencari kesempurnaan tapi biasanya ketika menemukan beberapa kekurangan, kemudian mengakhiri hubungan sehingga mereka bisa melanjutkan pencarian mereka."

5. Mereka selalu mengungkapkan kekurangan Anda 
Pasangan yang memiliki masalah kejiwaan yang berhubungan dengan sifat narsistik mereka akan selalu menyalahkan Anda dalam situasi apapun. Mereka akan selalu menempatkan Anda dalam posisi yang salah. 










(TIN)