Ini Alasan Wanita Memotong Rambut Setelah Putus Cinta

Torie Natalova    •    Sabtu, 13 May 2017 17:17 WIB
hubungan pasangan
Ini Alasan Wanita Memotong Rambut Setelah Putus Cinta
Ini Alasan Wanita Memotong Rambut Setelah Putus Cinta (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi wanita, rambut adalah sebuah harta yang berharga. Banyak dari mereka enggan mengganti potongan rambutnya meski sudah bertahan selama bertahun-tahun.

Namun, saat putus cinta, wanita terkadang memilih mengganti penampilannya dengan memotong rambut. Ternyata, rambut tak hanya sekedar penampilan tetapi merupakan sebuah citra diri.

Menurut psikolog Dr. Graham Hole, putus cinta dan potong rambut berkaitan dengan betapa intimnya rambut wanita dengan keseluruhan konsep citra dirinya.

Salah satu alasan untuk mengubah rambut adalah dengan memberi rasa otoritas setelah mengalami gangguan sebuah hubungan yang seringkali dapat menyebabkan orang merasa kehilangan kontrol atas kehidupan mereka.

"Mungkin hal itu dilakukan untuk membuat sebuah pernyataan, misalnya mengumumkan bahwa ia dapat mengendalikan penampilan dan juga hidupnya setelah putus," kata Graham.

Alasan lain mengapa orang mengubah potongan rambut atau gaya mereka setelah putus adalah untuk melepaskan sang mantan, yang mungkin tidak bahagia.

Dr. Graham menggambarkan ini sebagai cerminan keinginan untuk berpisah dengan masa lalu. Jadi, jika kehidupan lama Anda memiliki rambut panjang dan hitam, Anda mungkin akan berganti gaya dengan memotong rambut model bob dengan sedikit berwarna. Ini tentu akan membantu Anda meraih kehidupan baru Anda.

Tentu saja, beberapa orang yang mengalami perasaan rendah terhadap harga diri, di mana rambut bisa kembali membuat perbedaan yang besar. Menurut Dr. Graham, jika seorang wanita merasa perpisahannya karena fisik, mengubah warna rambut atau model rambut dapat meningkatkan daya tarik atau membuat dirinya terlihat lebih muda.

Rambut jelas memiliki peran besar dalam bagaimana Anda menilai penampilan. Pada dasarnya, memiliki penampilan baru setelah perpisahan merupakan cara untuk melepaskan masa lalu dan menemukan jalan yang baru.

 


(ELG)