Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Raka Lestari    •    Rabu, 10 Jan 2018 16:28 WIB
tips kesehatan
Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pasangan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Komunikasi menjadi faktor yang sangat penting bagi kelanggengan hubungan. Ketika Anda dan pasangan menghadapi sebuah masalah, komunikasi yang baik menjadi kunci agar hubungan tidak memanas ke arah yang buruk.

Bagaimana cara membangun komunikasi yang baik? berikut seperti dikutip dari Stylecaster.com.

1. Pilih masalah yang paling mengganggu Anda

Batasi diskusi serius dan fokus pada satu topik saja," ujar Dr Darcy Sterling, petugas sosial berlisensi. "Pasangan Anda akan merasa lebih mudah apabila membahas satu masalah yang spesifik dibandingkan sepuluh keluhan ekaligus dalam satu waktu.

2. Bicarakan dengan hati-hati

"Sebelum mulai menumpahkan kekesalan Anda, beri tahu pasangan Anda bahwa Anda memiliki keluhan yang ingin disampaikan, informasikan kepadanya mengenai topik yang ingin dibicarakan, dan yang paling penting tanyakan apakah sekarang adalah saat yang tepat untuk mengobrol," kata Sterling.

Hal ini memungkinkan pasangan Anda mempersiapkan diri atas situasi yang akan terjadi dan mengurangi kemungkinan mereka merasa diserang.

3. Jangan berbicara saat Anda sedang lelah

Jika Anda mengalami hari yang panjang dan melelahkan, sebaiknya tidak melakukan percakapan atau diskusi yang serius. Komunikasi bisa jadi tidak berjalan baik saat Anda kelelahan karena hal itu membuat sulit untuk fokus, mendengarkan dengan baik, dan bersikap baik.

4. Bicara dan dengarkan

Berbicara secara bergantian tanpa melakukan interupsi satu sama lain. "Biarkan pasangan Anda memberikan pendapatnya mengenai masalah Anda," kata Sterling. Sebuah percakapan yang sukses akan menghasilkan hasil yang saling menguntungkan.

5. Lebih baik berbicara langsung daripada hanya melalui pesan teks

Berbicara dan bertatap muka langsung lebih baik dibandingkan Anda hanya mengirim chat atau pesan singkat saja. "Ya, kita semua sibuk dan SMS bisa menjadi cara termudah dan tercepat untuk berkomunikasi, tapi ini cara terburuk saat ingin berbicara serius dengan pasangan Anda," kata Erica Arrechea, salah satu pendiri Cinqe Matchmaking.

Anda tidak dapat mendeteksi nada bicara dan suasana yang terjadi saat mengirim pesan singkat, yang bisa menyebabkan kesalahpahaman dalam hubungan. Tidak apa-apa dengan mengirim pesan singkat kepada pasangan Anda dan meminta bertemu untuk membicarakan suatu hal.




(DEV)