Bayi yang Sering Tersenyum Pertanda Tumbuh Kembangnya Baik

Raka Lestari    •    Rabu, 23 May 2018 10:56 WIB
tumbuh kembang bayi
Bayi yang Sering Tersenyum Pertanda Tumbuh Kembangnya Baik
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Melihat bayi tersenyum tentu sangat menyenangkan dan membuat hati ibu mana pun merasa senang. Namun, tahukah ada penjelasan ilmiah di balik senyum bayi Anda?

Sebuah studi 2015 yang dilakukan oleh University of California, San Diego yang diterbitkan jurnal medis PLOS One meneliti mengapa bayi yang berusia 4 -17 minggu tersenyum, dan apa tujuan dari senyuman itu. Hasilnya menunjukkan bahwa bayi yang berusia 4 bulan berinteraksi dengan ibu mereka dengan melakukan cara goal-oriented, dengan memanfaatkan kemampuan pemilihan waktu yang tepat dalam melakukan interaksi sosial. 

Melihat wajah kita yang tersenyum mungkin merupakan cara bagi bayi untuk memahami emosi yang ada di balik senyuman.

"Aku benar-benar berpikir bahwa bayi mempelajari apa itu arti dari kebahagiaan dengan membagikan kebahagiaan dengan orang lain," ujar Daniel Messinger, profesor psikologi di University of Miami. 

Saat bayi Anda mencapai 9 bulan, mereka pasti tersenyum karena merasa gembira. Perhatikanlah bayi yang berumur 9 bulan ketika mereka bermain dengan mainan kesukaannya dan mereka benar-benar merasa senang.

Jika bayi Anda yang berusia 9 bulan kemudian tersenyum pada mainan mereka, misalnya boneka beruang mereka dan mereka juga tersenyum ketika melihat Anda atau orang lain, itu dinamakan anticipatory smiling.

Anticipatory smiling adalah keadaan dimana bayi tidak hanya merasa senang dengan boneka beruangnya, tetapi ia ingin berbagi kebahagiaan itu dengan Anda, dikutip dari Slate. Jadi jika Anda melihat bayi Anda yang berusia 9 bulan sudah mulai sering tersenyum kepada Anda, itu adalah tanda yang cukup baik bahwa mereka bisa menyesuaikan interaksi sosial mereka dengan baik ketika nanti bertambah usia. 





(DEV)