Terkuak, Alasan di Balik Warna Paspor Setiap Negara

   •    Kamis, 20 Jul 2017 11:41 WIB
paspor
Terkuak, Alasan di Balik Warna Paspor Setiap Negara
Menurut Bil Waldron dari Holliston, sebuah percetakan paspor yang berbasis di Tennessee, Amerika mengatakan bahwa warna yang lebih gelap lebih disukai karena dapat menutupi kotoran yang misalnya terkena di paspor. (Foto: Chintung Lee/Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada alasan penting dibalik empat warna standar yang ditemukan di setiap paspor, tapi ada beberapa warna yang tidak biasa juga.

Perhatikan lebih dekat pada beberapa paspor, itu bisa menunjukan dari mana asalnya, warnanya bisa sedikit membuktikan fakta dibalik negara pemilik paspor tersebut.

Meskipun tidak ada standar peraturan Internasional khusus untuk warna paspor, tapi alasannya sama sekali tidak sembarangan. 

Menurut Claire Burrows dari De La Rue, sebuah perusahaan pembuat paspor di Inggris mengatakan negara-negara biasanya memilih warna yang melambangkan budaya, politik atau kepercayaan negara mereka. 



Misalnya, pada negara-negara Islam sering menggunakan paspor dengan warna hijau karena warna itu penting dalam agama mereka. 

(Baca juga: Urus Paspor tak Perlu Deposit Rp25 Juta)

Negara-negara anggota ECOWAS (Komunitas Ekonomi Negara – negara Afrika Barat) membungkus paspor mereka dengan nuansa warna hijau juga. 

Anggota Uni Eropa di sisi lain juga menggunakan paspor berwarna merah anggur, seperti Turki.

Amerika Serikat cenderung mengikuti budayanya sendiri, dengan memakai warna antara krem, hijau dan warna merah sampai paruh akhir abad ke-20. Akhirnya mereka memakai warna biru di tahun 1976. 

Ini sesuai dengan warna biru pada bendera Amerika. Menurut Economist, banyak negara seperti Karibia, Amerika Selatan, Brasil, Argentina, dan Uruguay juga memakai paspor biru.

Dan bahkan organisasi yang lebih kecil pun memiliki warna paspor tersendiri. Interpol menyediakan para anggotanya dokumen perjalan berwarna hitam. Sementara paspor-paspor pasif PBB mencocokkan dengan warna helm pasukan penjaga perdamainnya.



Tapi kenapa kebanyakan mereka memakai warna gelap?

Menurut Bil Waldron dari Holliston, sebuah percetakan paspor yang berbasis di Tennessee, Amerika mengatakan bahwa warna yang lebih gelap lebih disukai karena dapat menutupi kotoran yang misalnya terkena di paspor. Warna gelap juga memberikan warna kontras yang bagus dan penampilannya terlihat lebih elegan.

Dan ada pengecualian, jika Anda orang Swedia yang kehilangan paspor, maka negara tersebut akan mengirimkan dokumen perjalanan darurat dengan warna merah muda.




(Sany Septian)







(TIN)