Cara Mengusir Nyamuk Saat Memasuki Musim Panas

Raka Lestari    •    Jumat, 11 May 2018 06:11 WIB
tips & trik
Cara Mengusir Nyamuk Saat Memasuki Musim Panas
Salah satu yang menjadi pilihan orang untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan citronella candles. (Foto: Still/Unsplash.com)

Jakarta: Pertanda dimulainya musim panas salah satunya adalah dengan mulai banyaknya nyamuk di dalam rumah. Dan salah satu yang menjadi pilihan orang untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan citronella candles.

Namun apakah citronella candles bisa benar-benar mengusir nyamuk?

Sereh adalah minyak alami yang bisa digunakan untuk mengusir serangga. Minyak sereh disuling dari dua jenis rumput, menurut National Pesticide Information Center (NPIC). Meskipun sudah mendapatkan persetujuan dari U.S. Environmental Protection Agency, belum tentu itu adalah cara paling efektif.

Minyak sereh ini bekerja dengan menciptakan aroma yang menarik bagi serangga. Namun NPIC mencatat bahwa mereka belum menemukan penelitian untuk menunjukkan bahwa minyak ini benar-benar berfungsi. 


(Minyak sereh disuling dari dua jenis rumput, menurut National Pesticide Information Center (NPIC). Meskipun sudah mendapatkan persetujuan dari U.S. Environmental Protection Agency, belum tentu itu adalah cara paling efektif. Foto: Emily Marie/Unsplash.com)

(Baca juga: Lemon Bisa Digunakan untuk Mengusir Nyamuk)

Sebuah artikel di Malaria Journal di tahun 2011 mengatakan bahwa orang-orang telah menggunakan tanaman ini untuk mengusir nyamuk sejak masa Yunani dan Romawi dan sereh adalah salah satu penolak nyamuk alami yang paling banyak digunakan.

"Minyak serai adalah pengusir nyamuk sampai tingkat tertentu, tetapi jumlah yang dikeluarkan oleh citronella candles tidak begitu terlalu efektif," kata Eric Hoffer, presiden Hoffer Pest, kepada Todayhome.com. 

"Dalam kebanyakan kasus citronella candles hanya akan mengandung konsentrasi lima persen sereh atau kurang." Produk yang mengandung minyak eucalyptus lemon, yang berasal dari pohon eukaliptus karet, jauh lebih efektif daripada minyak sereh," kata Hoffer.




(TIN)