Pentingnya Putus Cinta Secara Baik-baik

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 28 Oct 2017 16:20 WIB
romansa
Pentingnya Putus Cinta Secara Baik-baik
Pentingnya Putus Baik-baik

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam hubungan romansa, berakhirnya kebersamaan bisa terjadi secara baik-baik, atau justru sebaliknya. Padahal, menurut psikolog hubungan Madeleine Mason, putus secara baik-baik adalah hal yang penting.

"Pertama, mereka akan lebih cepat dan mudah beralih ke orang lain. Selain itu, memutuskan seseorang dengan baik-baik juga membuat citra Anda lebih baik bagi mantan pasangan dan membuat Anda semakin menarik," terang Mason.

Kedua, putus juga membuat Anda bisa melepaskan beban dan perasaan tak nyaman dalam pikiran yang tak jarang membuat Anda lelah secara emosional.

Selain itu, kesempatan untuk kembali pada mantan pasangan juga tak tertutup, jika Anda merasa menyesal dengan keputusan yang telah dilakukan.

"Bahkan, Anda dan mantan pasangan bisa tetap menjadi teman."

Mason juga mengungkapkan bahwa cara memutuskan tergantung pada berapa lama hubungan telah berlangsung.

"Memutuskan lewat pesan singkat tak masalah untuk mereka yang hanya beberapa kali berkencan. Namun, memberi pesan bahwa Anda sudah tak tertarik tetaplah penting," demikian menurut Mason.

Meskipun terkesan kasar, setidaknya mantan pasangan tahu alasannya sehingga mereka lebih cepat untuk beralih.

Jika hubungan berlangsung lebih lama, misalnya beberapa bulan, memutuskan lewat surat elektronik (e-mail) juga masih tergolong wajar.

"Terkadang, Anda sulit mengungkapkan secara langsung sehingga e-mail bisa membantu Anda menyampaikan pesan tanpa terganggu dengan reaksi orang lain."

Namun, ia juga merekomendasikan untuk menemui mantan pasangan setelah mengirim e-mail, untuk memperjelas suatu hal lain atau mendengarkan pendapatnya.

Sementara, untuk hubungan romansa yang sudah berlangsung panjang, Mason menganjurkan untuk bertemu langsung.

"Bila Anda sudah mengirimkan pesan, temui dia secara personal. Akan ada banyak pertanyaan darinya, dan jawablah."

"Terkadang, hal tak berjalan sesuai rencana dan hal itu menyebalkan, orang tentunya akan bereaksi terhadapay hal itu. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berada di dekatnya sementara."

Mason menambahkan, memuji kebaikan mantan pasangan sebelum memutuskan hubungan juga termasuk strategi manis, tanpa memberi harapan palsu.

 


(ELG)