Ini Alasan Mengapa Kucing Sering Menjulurkan Lidahnya

Raka Lestari    •    Senin, 19 Mar 2018 07:04 WIB
hewan peliharaan
Ini Alasan Mengapa Kucing Sering Menjulurkan Lidahnya
Blepping adalah kondisi di mana lidah kucing akan menjulur sedikit dari mulutnya. (Foto: Japheth Mast/Unsplash.com)

Jakarta: Kucing adalah hewan yang cukup sering dijadikan hewan peliharaan oleh banyak orang. Ada salah satu kebiasaan kucing yang mungkin jarang Anda sadari, yaitu sering menjulurkan lidahnya atau biasa disebut dengan blepping. 

Blepping adalah kondisi di mana lidah kucing akan menjulur sedikit dari mulutnya. Mungkin hal tersebut akan terlihat lucu, namun jika hal tersebut terus-menerus dilakukan oleh kucing kesayangan Anda mungkin saja hal tersebut merupakan sebuah pertanda sesuatu. 

Ada alasan mengapa kucing sering menjulurkan lidahnya tersebut. Seorang konsultan perilaku hewan dan ahli kucing Amy Shojai menjelaskan kepada Inverse, blepping adalah cara kucing menyelidiki lingkungan sekitar mereka, menggunakan indera pengecapan untuk memahami apa yang terjadi di sekitar mereka. 

(Baca juga: Mengapa Kucing Senang Mengetuk Barang di Sekitarnya?)

Istilah ilmiah untuk ini adalah respons Flehmen, yang mengacu pada saat seekor kucing mengumpulkan feromon di lidah mereka dan memindahkannya ke atap mulut mereka untuk mendeteksi informasi tentang kucing lain, seperti status seksual mereka.


(Blepping adalah kondisi di mana lidah kucing akan menjulur sedikit dari mulutnya. Foto: Kim Davis/Unplash.com)

Seekor kucing akan melakukan blepping saat mereka sedang menyelidiki aroma baru, seperti pheremone dari kucing terdekat lainnya.

Tapi ada penyebab lain dari blepping yang kucing lakukan. Kucing melakukannya karena mereka tahu kita menyukainya.

Jika setiap kali kucing Anda menjulurkan lidah mereka dan membuat Anda menjadi lebih memerhatikan mereka seperti memotret, mengelus, atau bahkan memberi perawatan, kucing Anda akan segera mengasosiasikannya dengan hal-hal yang baik.

Jadi mereka akan menjulurkan lidahnya lebih sering dengan mengulangi perilaku yang sudah mendapat respons positif sebelumnya.







(TIN)