Jangan Menyepelekan jika Pasangan Anda tak Suka Rapi, Ini Cara Mengatasinya

Raka Lestari    •    Rabu, 12 Dec 2018 15:42 WIB
hubungan pasangan
Jangan Menyepelekan jika Pasangan Anda tak Suka Rapi, Ini Cara Mengatasinya
angat penting membicarakan perbedaan difinisi kerapian dengan pasangan Anda. (Foto: Djim Loic/Unsplash.com)

Jakarta: Anda salah satu tipe seseorang yang selalu meletakkan barang-barang sesuai dengan tempatnya, atau selalu membersihkan piring kotor sehabis digunakan? Sedangkan pasangan Anda merupakan tipe yang berbanding terbalik dengan Anda. Jangan disepelekan soal perbedaan tersebut.

Sebab, jika perbedaan definisi kerapian antar pasangan itu terpelihara, bisa-bisa membuat hubungan Anda terancam. Meskipun berstatus pertengkaran kecil, paling tidak masalah tersebut bisa berdampak negatif pada diri Anda.

"Hal ini seakan-akan terjadi karena pasangan Anda kurang menghormati Anda. Mereka tidak menginvestasikan waktu dan tenaganya sendiri untuk merapikan suatu hal," ujar pakar hubungan dan pakar etiket, April Masani.

Klik juga: Bukan Kegemukan, Ini Sebab Jari Tangan Membengkak

Bagaimanapun, sangat penting membicarakan perbedaan difinisi kerapian ini dengan pasangan Anda. Masini menyarankan untuk mendiskusikan rasa tidak suka  Anda dengan pasangan Anda secara langsung. Yang paling penting, diskusi tersebut harus secepat mungkin diselesaikan sebelum Anda merasa kesal atau marah karena kebiasaannya.

"Sangat penting untuk fokus pada masalah dan bukan pada emosi Anda karena jika Anda terlalu marah maka Anda tidak dapat berpikir secara jernih dan Anda tidak akan menjadi komunikator yang hebat," katanya. 

"Memberikan kode kepada pasangan cenderung menjadi pasif agresif dan itulah mengapa saya menyarankan untuk membicarakannya secara langsung," tegas Masini.

Selain itu, Anda harus berhati-hati dengan nada bicara Anda, hindari komentar yang menghakimi. Lagi pula, Anda dan pasangan Anda mungkin memiliki kecenderungan yang berbeda, dan itu bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan.

Peran Keluarga dalam Menangkal Diabetes



(FIR)