Pentingnya Meminta Maaf pada Anak Ketika Orang Tua Berbuat Salah

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Aug 2017 20:46 WIB
keluarga
Pentingnya Meminta Maaf pada Anak Ketika Orang Tua Berbuat Salah
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang pastinya pernah melakukan kesalahan. Termasuk  orang tua, yang dalam beberapa kasus, membuat anak merasa malu dengan lingkungan sekitarnya.

Kesalahan yang dilakukan orang terkasih menimbulkan berbagai macam perasaan pada diri seseorang, seperti marah, kecewa, dan sedih. Bahkan, hal tersebut dapat membuat seseorang mengalami tekanan sosial yang berat sehingga menyalahkan orang yang membuatnya malu.

"Ketika orang tua melakukan kesalahan, ada kemungkinan anak akan merasa kecewa dan marah pada mereka. Dalam kondisi ini, penting bagi orang tua untuk meminta maaf," jelas psikolog Ayoe Sutomo saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (3/8/2017).

Bila bertemu secara langsung, orang tua bisa menjelaskan keadaan mereka agar anak-anak lebih mudah menerima keadaan.

"Katakan pada anak kalau membutuhkan dukungan dari mereka dan menginginkan mereka selalu berada di sisi orang tua, minta tolong jangan ditinggalkan," tambahnya.

Perasaan jujur dari orang tua kepada anak tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi rasa kecewa, marah, dan sedih yang muncul dalam hati anak pada orang tua. Anak akan menjadi melunak dan kembali memandang orang tua sebagai figur yang positif.




(DEV)