Anak Tengah Cenderung Punya Rasa Empati Tinggi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 22 Aug 2017 16:11 WIB
survey
Anak Tengah Cenderung Punya Rasa Empati Tinggi
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai stereotipe tentang anak tengah, salah satunya kurang mendapat perhatian dibandingkan anak sulung dan anak bungsu. Namun, hal tersebut kurang tepat dan ternyata ada beberapa hal dimana anak tengah lebih unggul dibanding kakak tertua atau adik termuda.

A.J. Marsden, seorang asisten profesor jurusan psikologi di Beacon College di Florida menjelaskan bahwa terdapat juga stereotipe positif pada anak tengah seperti lebih bersosialisasi, adil, dan menjaga ketenangan dalam keluarga.

"Ketika anak termuda menjadi anak tengah, mereka akan mencari perhatian dari luar, seperti teman, karena perhatian orang tua mereka sudah terbagi pada adik mereka," terang Marsden.

Beberapa penelitian juga memiliki pemahaman yang sama. Dalam sebuah studi, para peneliti peneliti menanyakan mana yang akan dipilih ketika dalam kesulitan, orang tua atau saudara. Anak sulung dan anak bungsu menjawab orang tua, sementara anak tengah menjawab saudara.

Kurangnya perhatian dari orang tua kemungkinan menjadi keuntungan tersendiri bagi anak tengah.

"Mereka akan menjadi baik secara psikologis jarena memiliki ruang tersendiri dimana mereka menjadi berbeda, mandiri, tak memiliki tekanan untuk menyesuaikan diri, dan lebih empatik," pungkas Catherine Salmon, profesor psikologi di University of Redlands, California.

Berdasarkan penelitian Salmon, anak tengah cenderunh berpikiran terbuka dan berani mencoba hal baru. Hal ini dikarenakan rasa mandiri lebih besar yang membuat mereka lebih ingin menjelajah sesuatu di luar zona nyaman.

Misalnya, sebuah studi menemukan bahwa 85 persen anak tengah terbuka pada ide baru dibandingkan anak pertama yang hanya 50 persen.

"Anak tengah sering di bawah radar, namun hal tersebut justru mendorong diri mereka melakukan hal-hal besar dan menonjol," tambah Ben Michaelis, psikolog klinis di New York City, N.Y.

Selain itu, anak tengah juga cenderung lebih mudah bergaul dibanding anak pertama karena sifat pendamai yang dimiliki.

Sebuah studi tahun 2010 bahkan menyebutkan bahwa anak tengah cenderung setia dalam sebuah hubungan. Salmon mengungkapkan bahwa 80 persen anak tengah tak pernah berselingkuh dari pasangan, sementara hanya 5 persen anak sulung dan 53 persen anak bungsu yang pernah melakukan hal serupa.


(DEV)