Perbedaan Ayah dan Ibu dalam Menghabiskan Akhir Pekan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 10 Nov 2017 12:35 WIB
Perbedaan Ayah dan Ibu dalam Menghabiskan Akhir Pekan
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sex Roles menemukan bahwa ayah baru cenderung menghabiskan akhir pekan dengan bersantai. (Foto: Natalya Zaritskaya/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Akhir pekan adalah saat yang paling dinanti banyak orang karena bisa bersantai sekaligus mengistirahatkan pikiran dari rutinitas. Hal tersebut juga berlaku untuk pada pria yang pertama kali menjadi ayah atau 'ayah baru'. 

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sex Roles menemukan bahwa ayah baru cenderung menghabiskan akhir pekan dengan bersantai, sementara pasangan mereka (ibu baru) sibuk mengurusi anak dan pekerjaan rumah tangga. 

Sekitar 52 pasangan heteroseksual yang keduanya bekerja terlibat dalam penelitian tersebut dimana para peneliti menemukan bahwa tanggung jawab dalam kedua hal tersebut sangat timpang. 

Para peneliti mengobservasi pasangan sepanjang waktu di akhir pekan untuk melihat aktivitas keseharian, baik sebelum maupun sesudah kelahiran anak pertama. 



(Baca juga: Arena Bermain Dekat Pemukiman Lebih Dipilih Orang Tua)

"Pria menghabiskan waktu bersantai dua kali lebih banyak di hari libur setelah anak mereka lahir dibandingkan sebelumnya," demikian fakta yang ditemukan. 

Yang lebih mengejutkan, keduanya memiliki kuantitas yang seimbang dalam hal mengurus rumah tangga dan anak pada hari kerja. 

Umumnya, para ayah bersantai di luar atau menonton game kesukaan sementara para ibu baru mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurus anak di akhir pekan. 

Para peneliti melihat bahwa para ayah tak melakukan hal tersebut dengan sengaja. Oleh karena itu, akan dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. 

"Menariknya, para ibu berperan besar dalam pengaturan pembagian kerja yang tak seimbang di akhir pekan, dimana hal tersebut membuat suami mereka enggan melakukan tanggung jawab tersebut," ungkap para peneliti. 









(TIN)