Liburan Aman Bersama Anak-anak

   •    Jumat, 29 Dec 2017 17:07 WIB
liburan
Liburan Aman Bersama Anak-anak
Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Jakarta: Peristiwa hilangnya anak akibat luput dari pengawasan kerap terjadi kala musim liburan tiba. Euforia liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata kadang membuat orang tua lupa bahwa mereka membawa serta anak-anak yang harus dijaga.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyebut banyak orang tua yang tidak mengerti bahwa bahaya bisa kapan saja mengancam keselamatan anak meskipun lokasi wisata yang dikunjungi relatif aman.

Peristiwa anak hilang sampai kejadian yang mengerikan mungkin saja terjadi akibat orang tua kurang waspada dengan suasana maupun tanda-tanda di sekitarnya.

"Beberapa kasus misalnya terseret ombak, hilang, dan lain-lain itu sebelumnya pasti sudah ada peringatan. Ada papan pengumuman tapi mungkin diabaikan," ujarnya, dalam Newsline, Jumat 29 Desember 2017.

Retno mengatakan sebelum memutuskan berlibur ke tempat wisata, orang tua perlu membuat aturan untuk memastikan anak-anak aman saat berekreasi. Misalnya tidak pergi seorang diri atau diajarkan menghubungi pusat informasi untuk antisipasi.

Selain sebagai bentuk edukasi, orang tua dan anak juga tahu apa yang akan dilakukan jika peristiwa-peristiwa di luar perkiraan terjadi.

"Penting bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya bahwa ketika berada di keramaian potensi terpisah itu tinggi," jelasnya.




(MEL)