Anak Terakhir Cenderung Menjadi Favorit Orang Tua?

Raka Lestari    •    Selasa, 27 Mar 2018 07:13 WIB
keluarga
Anak Terakhir Cenderung Menjadi Favorit Orang Tua?
Hal yang terbaik dalam keluarga adalah orang tua yang bisa mencintai seluruh anak mereka sepenuhnya tanmpa membanding-bandingkan. (Foto: London Scout/Unsplash.com)

Jakarta: Cukup banyak penelitian dan pemberitaan mengenai urutan lahir seorang anak menentukan juga bagaimana mereka nantinya akan tumbuh ketika dewasa. Namun, baru-baru ini dlansir dari The Independent, terdapat sebuah survei yang mengungkapkan bahwa orang tua cenderung menyukai anak bungsu mereka.

Mumsnet melakukan survei terhadap 1.185 pengguna yang merupakan orang tua, sementara Gransnet melakukan survei terhadap 1.111 pengguna yang memiliki setidaknya satu cucu. 

Hasilnya adalah lebih dari separuh orang tua mengatakan bahwa anak kesayangan mereka adalah anak bungsu mereka dengan sekitar 61 persen mengatakan bahwa mereka merasa saudaranya yang lain lebih sulit diatur dan cenderung selalu menuntut. 

Dari orang tua yang mengaku memiliki anak yang disukai, sebanyak 41 persen menyatakan bahwa anak menjadi favorit mengingatkan mereka pada diri mereka sendiri, sementara lebih dari separuh orang tua lainnya mengatakan bahwa anak yang menjadi favorit dapat membuat mereka tertawa lebih sering daripada anak lainnya. 


(Hal yang terbaik dalam keluarga adalah orang tua yang bisa mencintai seluruh anak mereka sepenuhnya tanmpa membanding-bandingkan. Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

(Baca juga: Keluarga yang Habiskan Waktu Bersama di Rumah Terbukti Lebih Bahagia)

Meskipun begitu lebih dari separuh pengguna Mumsnet dan Gransnet berpendapat bahwa memiliki anak kesayangan benar-benar 'mengerikan', dengan lebih dari tiga perempat dari orang tua mengatakan bahwa mereka percaya hal itu dapat berdampak buruk pada anak-anak lainnya. 

"Menyebutnya sebagai anak yang menjadi favorit dapat memancing banyak rasa bersalah, jadi sebaiknya lebih baik dengan menganggapnya sebagai salah satu anak dapat memberikan rasa kedekatan dibandingkan anak yang lainnya," kata Justine Roberts, pendiri Gransnet.

Memilih salah satu anak menjadi anak favorit, akan membuat anak-anak yang lain menjadi sadar diperlakukan tidak adil dalam jangka panjang. Pihak Mumsnet menyebutkan yang terbaik adalah orang tua yang bisa mencintai seluruh anak mereka sepenuhnya. 








(TIN)