Cara Membersihkan Alat-alat dari Stainless Steel

Raka Lestari    •    Jumat, 23 Mar 2018 07:00 WIB
tips & trik
Cara Membersihkan Alat-alat dari Stainless Steel
Taburkan baking soda kemudian gosokkan dengan spons yang dibasahi cuka untuk melarutkan kotoran dan membuat stainless steel Anda bersih kembali. (Foto: Debby Hudson/Unsplash.com)

Jakarta: Untuk peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel terkadang kita harus berhati-hati. Bekas sidik jari dan noda makanan yang terdapat pada peralatan dapur tersebut terkadang cukup mengganggu.

Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan dari peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel terkadang tidak hanya membutuhkan sabun cuci piring dan juga spons pencuci piring yang baik. 

Namun tidak perlu bahan-bahan yang mahal untuk membersihkannya atau membuatnya tetap berkilau, berikut ini adalah bahan-bahan rumahan yang bisa membantu peralatan yang terbuat dari stainless steel tetap bersih dan berkilau. 

(Baca juga: Ini Manfaat dari Rumah yang Bersih)

1. Cuka dan minyak 
Petunjuk praktis dari The Kitchen ini menggunakan dua barang yang paling umum ditemukan di dapur Anda: cuka dan minyak zaitun. Semprotkan cuka dalam jumlah banyak di atas alat dapur Anda dan bersihkan dengan tisu atau lap piring.

Kemudian, tambahkan tetesan minyak zaitun pada kain Anda dan bersihkan peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel tersebut dengan arah berlawanan jarum jam. 


(Taburkan baking soda kemudian gosokkan dengan spons yang dibasahi cuka untuk melarutkan kotoran dan membuat stainless steel Anda bersih kembali. Foto: Frame Harirak/Unsplash.com)

2. Minyak kelapa 
Michael Dimopoulos, pendiri Lazy Susans Cleaning, memercayakan pada campuran antara sabun, air, dan sebuah bahan rahasia yaitu minyak kelapa. "Setelah mengeringkan bekas sabun dan air dengan kain, saya menyemprotkan sedikit minyak kelapa organik di permukaan dan mengelapnya dengan handuk kertas berkualitas baik," kata Dimopoulos kepada Refinery29. 

3. Baking soda
Baking soda adalah salah satu bahan favorit untuk pembersihan rumah tangga, dan bahan alami dengan kekuatan pembersih yang luar biasa. Taburkan baking soda kemudian gosokkan dengan spons yang dibasahi cuka. Campuran ini akan melarutkan kotoran terberat sekalipun tanpa bau kimia yang keras yang biasanya terdapat pada bahan pembersih yang dibeli di toko.








(TIN)