Tips Menjadikan Si Kecil Anak yang Bahagia

   •    Rabu, 26 Dec 2018 15:49 WIB
keluarga psikologi anak
Tips Menjadikan Si Kecil Anak yang Bahagia
Beberapa aktivitas ini bisa Anda lakukan agar si kecil bahagia. (Foto: Wang Xi/Unsplash.com)

Jakarta: Saat memasuki usia 2-4 tahun, si kecil umumnya penuh dengan energi sehingga lebih banyak berbicara dan selalu ada rasa ingin tahu. Biasanya mental dan emosional orang tua akan teruji di masa ini dan setiap harinya akan menjadi suatu tantangan baru bagi Anda dan juga si kecil.  

Setiap anak dan apa yang akan dilakukannya diusia saat ini mungkin agak berbeda dengan yang lainnya. Meskipun demikian, ada beberapa tolak ukur yang mungkin perlu Anda ketahui diusianya saat ini.  Setiap orang tua tentu menginginkan si kecil bahagia. lalu bagaimana membesarkan si kecil menjadi anak yang bahagia?

Melansir dari BabyCenter, beberapa aktivitas ini bisa Anda lakukan agar si kecil bahagia:

(Baca juga: Tonggak Perkembangan Anak Usia 25-36 Bulan)


(Saat memasuki usia 2-4 tahun, si kecil umumnya penuh dengan energi sehingga lebih banyak berbicara dan selalu ada rasa ingin tahu. Biasanya mental dan emosional orang tua akan teruji di masa ini dan setiap harinya akan menjadi suatu tantangan baru bagi Anda dan juga si kecil. Foto: Yousef Espanioly/Unsplash.com)

1. Buat diri sendiri bahagia
Langkah pertama untuk menjadikan si kecil yang bahagia adalah dengan terlebih dahulu membuat diri Anda sendiri bahagia. Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa orang tua bahagia cenderung memiliki anak yang bahagia pula. Oleh karena itu, luangkanlah waktu Anda untuk berkumpul bersama untuk mengajak si kecil bersenang-senang.

2. Ajari si kecil cara membangun hubungan
Mengajarkan si kecil untuk membangun hubungan baik dengan orang lain adalah salah satu cara untuk jadikan si kecil menjadi anak yang bahagia. Caranya tidak sulit kok, cukup dengan mendorong si kecil untuk melakukan kebaikan sederhana.

Misalnya membagi makanan favorit pada teman sebayanya. Selain menjadikan si kecil pribadi yang baik, cara ini juga dinilai dapat membuatnya merasa lebih bahagia.

3. Lebih banyak mengajak si kecil bermain
Selain menyenangkan, bermain ternyata memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Dengan rutin bermain, kemampuan fisik, kognitif, dan sosial emosionalnya bisa semakin terlatih.

Nah, agar si kecil agar bisa terus bermain bersama Anda pastikan kebutuhan gizinya selalu tercukupi dengan memberikan asupan yang kaya nutrisi.


Maria Fransiska





(TIN)