Studi: Rumah Masa Kecil Jadi Tempat Favorit Kebanyakan Orang

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 07 May 2018 08:15 WIB
keluargapsikologi
Studi: Rumah Masa Kecil Jadi Tempat Favorit Kebanyakan Orang
Empat dari 10 orang mengungkapkan bahwa tempat mereka tumbuh istimewa karena di situ mereka dapat menghabiskan waktu bersama keluarga. (Foto: Christopher Harris/Unsplash.com)

Jakarta: Rumah adalah tempat hati berada. Faktanya, rumah masa kecil adalah tempat favorit kebanyakan orang, bukan rumah yang saat ini ditinggali. 

Sebuah jajak pendapat yang melibatkan 2.000 orang dewasa di Inggris menyimpulkan bahwa 6 dari 10 orang merasa rumah masa kecil adalah rumah mereka yang sesungguhnya. 

Nostalgia adalah asalan utamanya, di mana dua pertiga mengungkapkan bahwa rasa cinta pada rumah masa kecil muncul karena kenangan indah selama bertahun-tahun bertumbuh. 

Empat dari 10 orang mengungkapkan bahwa tempat mereka tumbuh istimewa karena di situ mereka dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dan 56 persen merasa lebih aman berada di sana. 

Penelitian yang dilakukan oleh merek pintu dan jendela terkemuka, Origin, tersebut juga menemukan bahwa 38 persen dari partisipan menganggap rumah yang mereka tinggali saat ini tidak memiliki nuansa menyenangkan seperti rumah masa kecil mereka. 

(Baca juga: Tips Mengatur Pencahayaan agar Rumah Terasa Nyaman)


("Penelitian kami menunjukkan bahwa detail kecil adalah yang paling diingat dan kebiasaan kecilnya yang benar-benar membuat rumah menjadi 'rumah yang sesungguhnya', bahkan setelah pindah dan membeli properti baru," tukas Ben Brocklesby, direktur di Origin. Foto: Gleren Meneghin/Unsplash.com)

Hampir satu dari 10 orang berusaha membuat rumah mereka seperti rumah masa kecil mereka, seperti mengubah dekorasi dan perabot. 

"Penelitian kami menunjukkan bahwa detail kecil adalah yang paling diingat dan kebiasaan kecilnya yang benar-benar membuat rumah menjadi 'rumah yang sesungguhnya', bahkan setelah pindah dan membeli properti baru," tukas Ben Brocklesby, direktur di Origin. 

Menurut penelitian tersebut, taman adalah aspek yang paling diingat dari rumah masa kecil. Kenangan abadi lainnya adalah pemandangan dari jendela, ibu memasak, dan tertawa bersama sebagai sebuah keluarga.

Para pertisipan juga percaya bahwa rumah menceritakan kisah tentang kehidupan orang-orang yang tinggal di sana, seperti tanda ketinggian pada kusen pintu, foto keluarga atau souvenir liburan.

Tiga dari 10 orang mengatakan mereka sangat ingin membeli rumah tempat mereka dibesarkan jika mereka bisa dan 49 persen mengatakan mereka merasa lebih bahagia tinggal di sana daripada di waktu lain kehidupan mereka.





(TIN)