Hal yang Harus Dilakukan untuk Melupakan Masa Lalu

Raka Lestari    •    Sabtu, 18 Aug 2018 19:12 WIB
kehidupankeluarga
Hal yang Harus Dilakukan untuk Melupakan Masa Lalu
Hal yang Harus Dilakukan untuk Melupakan Masa Lalu (Foto: thinkstock)

Jakarta: Tidak semua yang terjadi di masa lalu adalah hal buruk, namun jika Anda terus memikirkan masa lalu akan membuat Anda tidak bergerak maju dalam hidup dan menemukan kebahagiaan Anda yang lain. Jika Anda masih terus meratapi masa lalu, akan ada banyak kesempatan-kesempatan yang baik terlewat begitu saja. Dan mungkin, bagi beberapa orang melupakan masa lalu sangatlah sulit.

Meskipun sulit, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk melepaskan masa lalu agar hidup Anda bisa dimulai lagi. Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melupakan masa lalu:

1. Memaafkan
Memaafkan apa yang sudah terjadi pada masa lalu adalah satu-satunya cara agar Anda bisa menerima masa lalu Anda tersebut. Memaafkan juga bukan hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri karena dengan bisa memaafkan apa yang terjadi di masa lalu maka itu bisa membuat Anda menjadi seseorang yang lebih baik.

2. Hidup di masa sekarang
Hiduplah di masa sekarang. Segala sesuatu yang terjadi pada saat ini adalah di mana perhatian Anda seharusnya berada.  Jika Anda secara aktif fokus pada hal-hal yang terjadi pada masa sekarang, Anda pun tidak akan memikirkan lagi apa yang terjadi pada diri Anda di masa lalu.

3. Fokus pada cita-cita dan tujuan
Melihat ke depan jauh lebih baik daripada Anda harus selalu melihat ke belakang. Pikirkan tentang semua impian dan tujuan luar biasa yang ingin Anda capai dalam waktu dekat, karena mereka layak mendapatkan fokus dari Anda.  Ingat bahwa Anda harus selalu satu langkah ke depan untuk bisa mencapai tujuan Anda.

4. Menjauh dari orang-orang yang berada di masa lalu
Anda tidak perlu memaksakan diri Anda terhadap orang-orang yang selalu membicarakan masa lalu Anda. Jika orang-oorang di sekitar Anda selalu membicarakan masa lalu yang ingin Anda lupakan, Anda seharusnya tidak berada di sekitar mereka.

5. Mengambil pelajaran
Sesekali melihat kembali masa lalu Anda merupakan hal yang baik dilakukan. Anda bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah terjadi pada masa lalu. Ambillah pelajaran dari hal tersebut dan aplikasikan di kehidupan Anda yang ada saat ini.

6. Bersabar
Percaya pada proses penyembuhan. Bersabarlah dengan upaya Anda untuk melupakan masa lalu Anda. Melihat kembali masa lalu untuk mencari solusi jauh lebih baik daripada menyesalinya tanpa mengambil tindakan apa pun.

 


(ELG)