Tips Memotong Bawang agar Tak Pedih di Mata

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Jun 2017 13:16 WIB
tips & trik
Tips Memotong Bawang agar Tak Pedih di Mata
Ada cara terbaik untuk menghindari mata pedih saat memotong bawang merah, yaitu dengan cara pemotongan yang tepat. Trik utamanya adalah tidak memotong akar. (Foto: DoHacks)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bawang, apapun jenisnya, adalah bahan makanan yang sering digunakan untuk menambah cita rasa suatu makanan.  Bawang mengandung serat prebiotik yang membantu proses pencernaan dan meningkatkan penyerapan mineral, kalsium, magnesium dan zat besi.

Seperti kita ketahui, memotong bawang (terutama bawang merah) terkadang membuat mata pedih. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan sulfur dimana molekul tersebut akan keluar ke udara ketika bawang dipotong. Ketika bertemu dengan cairan mata, maka akan tercipta asam sulfur yang dapat memberi efek perih. 


(Hindari memotong akarnya. Foto: Dok. News.com.au)

Ada beberapa cara mudah untuk menghindari masalah tersebut seperti mendinginkan bawang satu jam sebelum dipotong atau didinginkan dengan es batu selama lima menit.

Namun, ada cara terbaik untuk menghindari mata pedih, yaitu dengan cara pemotongan yang tepat. Trik utamanya adalah tidak memotong akar. 

Berikut adalah langkah memotong bawang merah besar yang tepat agar gas yang mengganggu tersebut tak muncul. 

(Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Bau Bawang Putih Pada Mulut)



1. Potong bawang menjadi dua bagian secara vertikal

2. Potong bagian ujung bawang yang berlawanan dengan akar

3. Potonglah bawang secara paralel namun tidak sampai mengenai bagian akar

4. Putar bawang menjadi 90 derajat untuk membuat potongan yang lebih kecil

5. Untuk mendapatkan jenis potongan yang lebih halus, potonglah melalui pusat atau bagian tengah bawang saat pemotongan paralel






(TIN)