Jika si Batita Anda Hilang

Yatin Suleha    •    Jumat, 18 Nov 2016 12:40 WIB
perkembangan anak
Jika si Batita Anda Hilang
Usia empat tahun adalah usia yang tepat untuk Anda jabarkan tentang pemahaman kondisi anak hilang atau tersesat. (Foto: Parents)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tentu saja ini merupakan kejadian yang orangtua manapun tidak inginkan. Namun menurut Pattie Fitgerald, konsultan asal Los Angeles memberikan tips langkah bagaimana jika si kecil tiba-tiba menghilang.

Jauh sebelum kejadian tersebut terjadi, ada aturan dasar yang Anda dan keluarga harus sepakati, yaitu berikan penjelasan pada si kecil tentang apa itu kondisi anak hilang atau tersesat.

(Baca juga: Membimbing Batita yang Suka Mengkritik)

"Usia empat tahun adalah usia yang tepat untuk Anda jabarkan tentang pemahaman kondisi tersebut. Jelaskan pada anak Anda bagaimana seseorang bisa hilang. Sampaikan juga bagaimana perasaan yang Anda alami jika hal tersebut terjadi," papar Pattie.

Pattie menjelaskan bahwa penting untuk si kecil tahu tentang perasaan yang akan ia rasakan, misalnya seperti akan merasa ketakutan saat menyadari ia tersesat atau hilang. Dan Anda juga merasakan hal yang sama.

Hal penting lainnya adalah berikan ia pemahaman bahwa Anda tidak akan pergi sebelum Anda bertemu dengannya.

Ini yang perlu Anda lakukan:

1. Untuk anak di bawah usia 4 tahun, ajari terus nama lengkap mereka, karena ini adalah informasi yang utama.

2. Ajari si kecil tahu nama Anda bukan hanya sekedar panggilan Mama atau Papa saja. Ini mempermudah petugas jika menemukan si kecil.

3. Ajari, tidak boleh menerima pemberian apa pun dari siapa pun dari orang yang tidak dikenal jika ia tersesat. Hal yang sama juga ketika seseorang yang tidak dikenal mengajak naik motor atau mobil. Jika ini terjadi ajarkan si kecil untuk berteriak dan berlari ke arah banyak orang.






(TIN)