Berapa Lama Waktu yang Tepat Bagi Anak Bermain Game?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Oct 2016 13:23 WIB
pendidikan anak
Berapa Lama Waktu yang Tepat Bagi Anak Bermain Game?
Bila anak terlalu sering menghadap ke layar, orangtua sebaiknya memberikan pembatasan waktu atau melakukan kombinasi permainan dengan anak. (Foto: Livescience)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian di Spanyol menemukan bahwa anak yang senang bermain game (sekitar empat jam dalam sepekan) memiliki reaksi yang lebih cepat dan memiliki nilai yang lebih tinggi di sekolah daripada anak yang tidak bermain game. 

(Baca juga: 7 Alasan Anak Harus Main di Luar, Bukan Main Gadget!)

Penelitian yang melibatkan lebih dari 2.400 anak laki-laki dan perempuan berusia 7-11 tahun tersebut juga menemukan bahwa kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan ingatan, serta kemampuan lain jika bermain lebih dari delapan jam dalam sepekan. 

Namun penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain lebih dari sembilan jam memiliki masalah dalam hal perilaku dan sosial, seperti berkonflik dengan anak lain, perilaku bermasalah, dan keterampilan sosial yang buruk. Selain itu, semakin banyak waktu anak bermain game, semakin sedikit waktu tidur. 

Lalu berapakah durasi yang disarankan untuk bermain game?

"Satu hingga sembilan jam per pekan masih aman. Namun, tidak direkomendasikan jika lebih dari sembilan bagi anak yang berusia 7-11 tahun," ujar pemimpin penelitian Dr. Jesus Pujol. 

Dr. Pujol mengungkapkan, bila anak terlalu sering menghadap ke layar, orangtua sebaiknya memberikan pembatasan waktu atau melakukan kombinasi permainan dengan anak, seperti melibatkannya dalam permainan di luar rumah.






(TIN)