Ini yang Perlu Anda Ketahui Ketika Memberi Makan Hewan Peliharaan

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 13 Mar 2017 18:33 WIB
hewan peliharaan
Ini yang Perlu Anda Ketahui Ketika Memberi Makan Hewan Peliharaan
Secara umum, anjing membutuhkan 30 ml air per pon berat badan sehari. Makanan alami juga membuat anjing terhidrasi. (Foto: It.paperblog)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana memberi makan hewan peliharaannya seperti anjing. Umumnya, majikan hanya memberikan makanan sisa kepada anjingnya dan dinilai sudah cukup.

Cara perlakuan yang demikian masih menjadi pembahasan hingga sekarang. Namun bagi para pecinta anjing, kualitas makanan dan gizi yang terkandungnya juga diperhatikan demi kesehatan anjing peliharaannya. Sebab, anjing juga sama seperti manusia membutuhkan gizi yang seimbang.

Setidaknya berikut ini fakta yang wajib diketahui tentang memberi makan anjing peliharaan seperti dilansir dari Popsugar.com:



1. Makanan kaya protein
Makanan kaya akan protein dan mengonsumsi makanan rendah gandum serta biji-bijian olahan akan menghasilkan lebih banyak energi untuk anjing.

2. Secara teratur mencuci tempat makan
Hal ini sering terlupakan oleh sebagian besar orang. Sebab bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan penyakit dari piring yang terkontaminasi seperti muntah sampai diare. 



3. Makanan gizi seimbang
Beberapa makanan anjing terbuat dari daging hewan mati, sekarat, sakit, dan cacat. Alangkah baiknya jika level makanan serta kesegarannya disamakan dengan manusia demi kesehatan hewan peliharaan anjing peliharaan juga membutuhkan gizi yang seimbang. Hal ini juga menjadi sorotan bahwasannya bukan hanya protein saja yang dibutuhkan anjing.

(Baca juga: Memilih Hewan Peliharaan Sesuai Perkembangan Si Kecil)

4. Temukan porsi yang pas
Sebagian besar merek makanan anjing tidak dilengkapi dengan informasi seperti berapa banyak latihan yang mereka dapatkan serta berapa kebutuhan kalori unik yang ideal untuk hewan peliharaan Anda.

Untuk itu konsultasikan ke dokter hewan Anda untuk mencari tahu kebutuhan kalori unik anjing.

5. Jangan memberi makanan yang tidak baik
Sebagian besar orang menyadari bahwa cokelat buruk bagi anjing. Namun Anda juga harus jelas bahwa bawang, anggur, dan kismis juga tidak bagus bagi anjing. 

6.  Menjaga anjing terhidrasi
Secara umum, anjing membutuhkan 30 ml air per pon berat badan sehari. Makanan alami juga membuat anjing terhidrasi.









(TIN)