Belajar Berinteraksi Sosial untuk si Kecil

Yatin Suleha    •    Kamis, 17 Nov 2016 08:00 WIB
perkembangan anak
Belajar Berinteraksi Sosial untuk si Kecil
Ajari si kecil berinteraksi sosial dengan temannya. (Foto: 2.bp.blogspot)

Metrotvnews.com, Jakarta: Generasi saat ini yang sudah sangat lekat dengan gadget dikenal dengan sebutan generasi millenial. Gadget banyak disebut sebagai alat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Namun, ada kiat untuk Anda melatih keterampilan berinteraksi sosial untuk si kecil. Faye Rogaski de Muyshondt, pendiri socialsklz:-) tools to thrive in the modern world, di New York, Amerika memberikan tipsnya:

Tips berjabat tangan ketika ia berkenalan dengan temannya:

1. Ajari si kecil berdiri tegak, tatap lawan bicaranya.

2. Julurkan tangan kanan, jempol menunjuk ke atas, jemari lain dirapatkan ke arah tangan kanan lawan bicara. Jaga jarak sejauh panjang lengan si kecil.

3. Genggam tangan lawan bicara dengan erat.

4. Gerakkan tangan ke atas dan ke bawah sebanyak tiga kali.

5. Lepaskan sambil tersenyum. 

(Baca juga: Cara Kerja Musik dan Tari dalam Perkembangan Otak Anak)


Tips si kecil memulai obrolan dengan lawan bicaranya:

1. Ajarkan si kecil untuk memandang mata temannya, pastikan tubuhnya menghadap ke arah temannya (tidak sembunyi di balik tubuh Anda).

2. Jika si kecil belum pernah berkenalan sama sekali dengan lawan bicaranya, ajari ia untuk menanyakan; "Bagaimana kabar kamu?" "Kamu sekolah di mana?"

3. Jika si kecil sudah berkenalan dengan temannya itu, ajarkan si kecil menyapa sambil menyebut namanya; "Bella, kamu tadi makan apa?"

4. Untuk melanjutkan obrolan antara si kecil dengan temannya ajari ia untuk berani menanyakan hal lain, seperti; "Kamu suka pelajaran apa?"







(TIN)