Pada Usia Berapa Anak-anak Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Yatin Suleha, Raka Lestari    •    Jumat, 13 Apr 2018 06:58 WIB
keluarga
Pada Usia Berapa Anak-anak Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?
Para orang tua sebaiknya memikirkan dengan baik ketika akan meninggalkan anak-anak sendirian di rumah. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Jakarta: Sebaiknya kapan waktu yang tepat untuk meninggalkan anak-anak di rumah? Menurut angka yang dilaporkan oleh BBC Breakfast, selama tahun 2014 - 2015 lebih dari 500 orang ditangkap di Inggris dan Wales karena meninggalkan anak-anak mereka tanpa pengawasan. 

Umumnya mereka ditangkap karena meninggalkan anak berusia antara 6 minggu sampai 15 tahun. Namun yang paling banyak meninggalkan anak pada usia 10 tahun. 

Di Selandia Baru, menurut Summary Offences Act, adalah sebuah pelanggaran hukum untuk meninggalkan anak-anak di bawah usia 14 tahun tanpa "membuat ketentuan atau peraturan yang wajar untuk perawatan serta pengawasan mereka" dilansir dari Stuff.com.

Para orang tua sebaiknya memikirkan dengan baik ketika akan meninggalkan anak-anak sendirian di rumah. Orang tua perlu mempertimbangkan keadaan rumah ataupun kematangan dan kemampuan anak-anak Anda dalam menghadapi masalah-masalah yang ada. 

(Baca juga: Pada Usia Ini Anak-anak Baru Bisa Menyimpan Uang)


(Para orang tua sebaiknya memikirkan dengan baik ketika akan meninggalkan anak-anak sendirian di rumah. Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Menurut konselor dan ahli parenting Janey Downshire kepada The Sun, ia menyatakan bahwa sulit untuk menetapkan usia tertentu kapan anak-anak sudah mulai bisa ditinggal sendirian di rumah. 

"Yang akan menjadi permasalahan adalah ketika Anda mengatakan bahwa Anda bisa meninggalkan anak Anda yang berusia 12 tahun di rumah, ada orang tua lain yang mengatakan bahwa mereka bisa meninggalkan anak-anak mereka selama dua hari di rumah tanpa khawatir," katanya. 

Hal terutama yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah lingkungan rumah Anda terdapat sistem keamanan misalnya satpam.

Dan pastikan juga sebelum meninggalkan anak Anda, mereka telah Anda beri pelatihan seperti apa yang harus dilakukan ketika misalnya ada tamu atau orang asing bertandang ke rumah. Anak Anda juga harus mengetahui bagaimana menghubungi kontak-kontak emergensi untuk pertolongan pertama kala Anda tak di rumah.







(TIN)