Gerai Kopi Ramah Tunarungu di Amerika

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Jul 2018 11:00 WIB
kopitunarungu
Gerai Kopi Ramah Tunarungu di Amerika
Sebagai bagian dari mencoba inlkusif pada kaum disabilitas, Starbucks akan membuka gerai ramah disabilitas di Washington DC, Amerika. (Foto: Kevin Laminto/Unsplash.com)

Jakarta: Mirip seperti salah satu kedai di Jakarta, yaitu Kopi Tuli, salah satu kedai kopi terbesar di dunia yaitu Starbucks juga membuka kedai kopinya yang bisa melayani bahasa isyarat tunarungu.

Hal ini sebagai bagian dari mencoba lebih inlkusif pada kaum disabilitas, kedai kopi yang sudah terkenal ini akan melayani pembelian melalui kata isyarat pada pembeli tunarungu supaya lebih mudah dalam memesan. 

Ini adalah kali pertama di Amerika Serikat di mana karyawan mahir dalam Bahasa Isyarat Amerika. 

Gerai tersebut baru akan dibuka pada bulan Oktober mendatang di Washington DC, tepatnya di dekat Universitas Gallaudet, institusi dengan murid yang mengalami gangguan pendengaran. 

(Baca juga: Kopi Tuli, Seruput Kopi Tanpa Kata)

Para pelanggan akan lebih lancar dalam memesan karena karyawan memakai celemek dengan tulisan 'Saya menggunakan isyarat'. 

Detail unik lainnya adalah pada celemek juga terdapat tanda tangan yang mengeja Starbucks. 

Desain tersebut terinspirasi oleh DeafSpace, dibuat oleh mahasiswa universitas yang memfasilitasi komunikasi visual dan tanda. 

Beberapa fitur gelas lainnya adalah permukaan yang bebas silau, garis pandang yang jelas di seluruh bagian, dan pencahayaan serta tempat duduk yang tidak membuat mata tegang. 

Toko baru tersebut juga akan memiliki opsi komunikasi untuk pelanggan yang tidak menggunakan bahasa isyarat. 

Selain Washington DC, Kuala Lumpur, ibukota Malaysia juga memiliki cabang yang menawarkan layanan ramah tunarungu.




(TIN)