Cara Memasak Jagung Utuh dengan Benar

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Jul 2018 08:00 WIB
tips memasak
Cara Memasak Jagung Utuh dengan Benar
School of Culinary Arts at The Culinary Institute memberikan tips dalam memasak jagung secara utuh agar rasa dan aroma jagung tetap terjaga. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah digabungkan dengan bahan makanan lainnya. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang bisa juga dijadkan sebagai pengganti nasi atau kentang. 

Dan untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencoba berbagai kreasi masakan dengan menggunakan jagung. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memasak jagung agar kandungan nutrisinya tidak rusak dan tetap utuh. 

Brendan Walsh, seorang koki dan dekan di School of Culinary Arts at The Culinary Institute memberikan tips dalam memasak jagung secara utuh agar rasa dan aroma jagung tetap terjaga seperti berikut ini.

(Baca juga: 4 Alasan Tak Boleh Konsumsi Jagung Berlebihan)


(Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah digabungkan dengan bahan makanan lainnya. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang bisa juga dijadkan sebagai pengganti nasi atau kentang. Foto: Pixabay.com)

1. Merebus 
Masak 4 liter air sampai mendidih, masukkan sedikit gula dan sedikit garam lalu buang kulit jagung. Setelah mendidih, masukkan jagung ke dalam air. Masak jagung selama 5-7 menit kemudian matikan api. Biarkan jagung berada dalam air selama kurang lebih 30 menit sampai dingin. 

2. Mengukus 
Isi panci besar dengan air setinggi 1,5-2 inci. Masukkan jagung yang sudah dibuang kulitnya lalu biarkan sampai air mendidih yaitu sekitar 15-20 menit. Tambahkan air sedikit demi sedikit agar air di dalam panci tidak terlalu sedikit. Jangan lupa untuk tetap membiarkan panci dalam keadaan tertutup. Tunggu selama 30 menit sampai jagung matang dengan sempurna.

3. Membakar
Panaskan panggangan hingga sekitar 400 derajat celcius. Taruh jagung rebus diatas pemanggang dan tutup. Biarkan jagung menjadi coklat di satu sisi sebelum membaliknya.

Agar semua sisi jagung coklat dengan sempurna, membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Setelah kedua sisi jagung berubah menjadi coklat, ambil jagung dari pemanggang. Biarkan jagung menjadi dingin selama kurang lebih 5 menit. 





(TIN)